Persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 di SD se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aryuna Kusuma Tria Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 di SD se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aryuna Kusuma Tria Dewi

Dewi, Aryuna Kusuma Tria (2016) Persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 di SD se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Aryuna Kusuma Tria Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Aryuna Kusuma Tria. 2016. Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di SDN se-KecamatanKedungkandang Kota Malang.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd(II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd Kata Kunci persepsi guru pelaksanaanpembelajaran Kurikulum 2013 PelaksanaanKurikulum 2013 menggunakanpembelajarantematikdenganpendekatansaintifik. Proses pembelajaran yang ideal yaitupelaksanaanpembelajaran yang meliputikegiatanpendahuluan kegiataninti dankegiatanpenutup. Persepsi guru terhadappelaksanaanpembelajaranKurikulum 2013 tersebutberbeda-beda. Persepsimerupakansuatutanggapanseseorangterhadapsuatuhalapa yang ada di lingkungansekitarnya. Berdasarkanstudipendahuluan yang dilakukanpadaguru diKecamatanKedungkandang Kota Malang ketika menanggapi tentang pelaksanaanpembelajarandalamKurikulum 2013 guru mengalamikesulitanpadapelaksanaanpembelajaranterutamapadakegiataninti. Perencanaanpembelajaran yang dibuat guru belumsesuaidenganpelaksanaanpembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitumendeskripsikanpersepsi guru terhadappelaksanaankegiatanpendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutuppembelajarandalamKurikulum 2013 di SDN se-KecamatanKedungkandang Kota Malang. Penelitian inimenggunakanjenispenelitiankuantitatifdeskriptif yang bertujuanuntukmendeskripsikansuatufenomenasebagaimanaadanyapadawaktupenelitiandilakukan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 338 guru dan sampel yang diambil 80 guru. Pengambilan teknik sampel dengan teknik cluster area kemudian di random. Instrumenpenelitianinimenggunakankuisionerdanobservasisebagaipembanding denganmenggunakanskalalikertdalampenyusunannya. Dalampenyusunankuisionermenggunakanujivaliditas. Ujivaliditas yang digunakanada 2 macam yaituvaliditaskonstrukdanvalidasi konten. UjivalidasiinidilakukanpadabulanFebruari 2016 oleh dosen Ahli. Penelitianiniditerapkanuntukmengetahuipersepsi guru terhadappelaksanaan pembelajaranpadakegiatanpendahuluan kegiataninti dankegiatanpenutup. Berdasarkanhasildarikuisioner yang telahdisebar bahwapersepsi guru terhadapkegiatanpendahuluanpembelajaran71% termasuk kategori Baik untuk kegiatan inti pembelajaran 66 5% termasuk kategori Baik untukkegiatanpenutuppembelajaran 67 5% termasuk kategori Baik. Dengandemikianpersepsi guru terhadappelaksanaanpembelajaranKurikulum 2013 sudahbaik. Penelitianinidigunakanuntukbahanrujukanbagi guru dandinasuntukmengevaluasitanggapandanpengertian guru terhadappelaksanaanpembelajarandalamKurikulum 2013 yang sedangberjalansekarang agar lebih baiklagi. Dengandemikiantanggapan para guru akansejalandengananjurandariKemdikbud no. 103 tahun 2014.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6306

Actions (login required)

View Item View Item