Kajian keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA pada pembelajaran berbasis masalah / Ika Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA pada pembelajaran berbasis masalah / Ika Rahmawati

Rahmawati, Ika (2017) Kajian keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA pada pembelajaran berbasis masalah / Ika Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Ika. 2016. Kajian Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. ArifHidayat M. Si. (II) Prof. Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. Kata kunci PembelajaranBerbasisMasalah keterampilanberpikirkritis penguasaankonsep IPA. Tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari merupakan materi yang memiliki karakteristik terdiri dari banyak rumus dan konsep-konsep. Konsep-konsep pada materi ini sangat sulit diajarkan. Siswa harus memiliki penguasaan konsep yang baik agar dapat memecahkan permasalahan yang diberikan pada topik ini. Agar memiliki penguasaan konsep yang baik maka hendaknya siswa dilibatkan dengan aktivitas berpikir ketika proses pembelajaran berlangsung untuk memecahkan permasalahan yang diberikan. Salah satu aktivitas berpikir yang dilakukan oleh siswa ketika proses pembelajaran berlangsung adalah keterampilan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapatmelatihkanketerampilanberpikirkritissiswaadalahPembelajaranBerbasisMasalah/PBM. PBM merupakanpembelajaranyang melibatkansecaramaksimalseluruhkemampuansiswauntukmencaridanmenyelidikifenomena/kejadiansecarasistematis kritis logis analitissehinggamerekadapatmembuatmerumuskanmasalahsendiridenganpenuhpercayadiri.Keterampilanberpikirkritis yang terbiasadilatihkandanditanamkanakanmeningkatkanpenguasaankonsep.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenerapanPembelajaranBerbasisMasalahterhadapketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonseppadamateritekananpadazatcairdanpenerapannyadalamkehidupansehari-hari. Penelitianinimerupakanpenelitianjenismixed method model embedded design. Data penelitianterdiridari data kuantitatifdan data kualitatif. Data kuantitatifdiperolehdarinilaipretesdanpostesketerampilanberpikirkritissiswadanpenguasaankonsep IPA sedangkan data kualitatifdiperolehdariperkembanganketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsep IPA selama proses pembelajaran angketdanwawancara. Dalammengumpulkan data penelitimenggunakaninstrumenberupatesketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsep lembarobservasi/catatanlapangan angketdanpedomanwawancara. Data dianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpretesdanpostesketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepdianalisissecarastatistikdenganmenggunakanindependent sample t test. JawabanpadaLembarKerjaSiswaselamapembelajaranberlangsungdanaktivitassiswaselamapembelajarandianalisissecarakualitatif. Jawabansiswapadaangketdipersentasedandianalisissecarakualitatifdenganwawancarasebagai data pendukungnya. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakualitaspenerapanpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsep IPA siswa sertaadaperbedaanketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsep IPA siswa yang dibelajarkandenganPembelajaranBerbasisMasalahdanmodel ekspositori. HasilN-gainketerampilanberpikirkritissiswa yang dibelajarkandenganPembelajaranBerbasisMasalah (0 523) lebihtinggidibandingkandengansiswa yang dibelajarkandengan model ekspositori (0 404).. HasilN-gainpenguasaankonsep IPA siswa yang dibelajarkandenganPembelajaranBerbasisMasalah (0 67) lebihtinggidibandingkandengansiswa yang dibelajarkandengan model ekspositori (0 58).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63059

Actions (login required)

View Item View Item