Khuriyah, Lailatul (2017) Potensi tradisi erau sebagai suplemen bahan ajar ilmu pengetahuan sosial kelas VII di SMP Negeri 2 Karangan / Lailatul Khuriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khuriyah Lailatul. 2017.Potensi Tradisi Erau Sebagai Suplemen Bahan Ajar Kelas VII Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Karangan.Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (2) Dr. Ari Sapto M. Hum. Kata Kunci bahan ajar pengembangan tradisi Erau Pemilihan dan penggunaan bahan ajar yang sesuai mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa lingkungan di sekitar siswa belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk mendukung pembelajaran. Sumber belajar berupa bahan ajar yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa masih sangat minim. Bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang tersedia pada umumnya bersifat nasional dan belum kontekstual. Ini mengakibatkan kurangnya aktualisasi siswa terhadap permasalahan lingkungan. Berdasarkan analisis kebutuhan dan permasalahan sehingga perlu adanya penelitian dan pengembangan bahan ajar berbentuk suplemen bahan ajar cetak sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Kearifan lokal yang diangkat menjadi materi dalam suplemen bahan ajar adalah tradisi Erau pada masyarakat Kutai Kertanegara. Pengangkatan materi inidapat memberikan dorongan terkait pemahaman peserta didik dalam pembelajaran yang kontekstual pada materi keberagaman sosial budaya sebagai hasil dinamika interaksi manusia. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk suplemen bahan ajar Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis potensi budaya lokal yang memiliki kevalidan dan kemenarikan yang tinggi. Pengembangan bahan ajar menggunakan model Dick Carey (2001). Pengembangan model ini tersusun atas sepuluh langkah namun dilakukan modifikasi prosedur menjadi tujuh langkah yaitu (1) analisis kebutuhan (2) analisis kompetensi inti kompetensi dasar dan indikator Pembelajaran (3) penyusunan produk (4) validasi (5) revisi (6) ujicoba dan (7) draf akhir. Produk divalidasi beberapa ahli yaitu ahli materi desain dan bahasa sebelum diujicoba dalam kelompok kecil yaitu 10 siswa. Data validasi dan uji coba berupa saran tanggapan dan penilaian sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapat respon positif dari validator dan siswa. Secara keseluruhan produk mendapatkan persentase 85 64% dan sangat layak untuk digunakandalam pembelajaran. Produk divalidasi oleh ahli materi dan presentase yang didapatkan sebesar 80%. Untuk validasi desain oleh ahli desain pembelajaran presentase sebesar 85%. Sementara untuk validasi bahasa presentase sebesar 80%. Hasil ini memperlihatkan bahwa produk pengembangan sangat valid dan layak untuk digunakan uji coba. Hasil uji coba lapangan pada subyek guru didapatkan presentase sebesar 94 07% sedangkan untuk subyek siswa sebesar 89 14%. Saran diseminasi sebaiknya dilaksanakan sampai kepada tahapan evaluasi sumatif untuk mengetahui efektivitas bahan ajar. Saran pengembangan bagi peneliti yang lain sebaiknya 1) penerapan uji coba kelompokbesar 2) perlu dilakukan uji eksperimenuntuk mengetahui pengaruh produk terhadap proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63054 |
Actions (login required)
View Item |