Pengembangan media boneka tangan berbasis digital storytelling subtema keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar / Yunina Resmi Prananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media boneka tangan berbasis digital storytelling subtema keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar / Yunina Resmi Prananta

Prananta, Yunina Resmi (2017) Pengembangan media boneka tangan berbasis digital storytelling subtema keberagaman budaya bangsaku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar / Yunina Resmi Prananta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prananta Yunina Resmi. 2017. Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. Kata Kunci pengembangan media boneka tangan digital storytelling keberagaman budaya bangsaku Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media boneka tangan berbasis Digital Storytelling (DST) subtema Keberagaman Budaya Bangsaku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang layak (valid menarik praktis) dan efektif berdasarkan analisis kebutuhan sekolah. Penelitian ini menggunakan model Lee Owens (2004) yang memiliki lima langkah dalampengembangannya yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Produk pengembangan diujicobakan kepada pengguna yaitu guru kelas IVA siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB SD N 1 Wonosobo. Penilaian dari ahli materi mendapat 80% yang artinya cukup valid dan dapat digunakan namun perlu perbaikan kecil. Hasil validasi ahli media yaitu 92 80% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Uji coba perorangan dilakukan oleh 3 siswa mendapat hasil 96 88% dengan kriteria sangat layak. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 9 siswa mendapat hasil 97 33% dengan kriteria sangat layak. Uji coba lapangan yaitu hasil penilaian siswa pada kelas ekperimen sebesar 97 23% dengan kriteria sangat layak dan hasil penilaian guru pada kelas ekperimen sebesar 92 22% dengan kriteria sangat layak. Uji t-berpasangan mendapatkan hasil t-tabel yaitu 2.055529439 dengan p-value sebesar 8.7889 oleh karena p-value lebih kecil dari alfa 5% maka H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah diterapkannya mediaboneka tangan berbasis DST. Kemudian uji efektifitas menghasilkan t-tabel yaitu 1 98606 dengan p-value sebesar 3 97211 oleh karena t-hitunglebih besar dari t-tabel maka dapat simpulkan bahwa media boneka tangan berbasis DST subtema Keberagaman Budaya Bangsaku terbukti efektif menunjang proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.Hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan berbasis DST layak (valid menarik praktis) dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63053

Actions (login required)

View Item View Item