Jauhari, Mahfud (2017) Pembelajaran berbasis teori Dienes berbantuan kartu prima untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD pada materi FPB dan KPK / Mahfud Jauhari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Jauhari Mahfud. 2016. Pembelajaran Berbasis Teori Dienes Berbantuan Kartu Prima untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SD pada Materi FPB dan KPK. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Prof. Drs.Gatot Muhsetyo M.Sc Kata kunci Peembelajaran teori Dienes kartu prima pemahaman FPB dan KPK. Observasi awal penelitian menemukan fakta bahwa siswa kelas V SDN Sukun2 Malang mengalami kendala dalam memahami konsep FPB dan KPK. Siswa hanyamengingat prosedur pengerjaan soal tanpa memahami konsep sesungguhnya sehinggasiswa salah dalam memilih prosedur untuk menyelesaikan masalah FPB dan KPK. Penelitianinibertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis teori Dienes yangdapatmeningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Sukun 2 Malang pada materi FPB dan KPK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga tindakan dan siklus II terdiri dari dua tindakan. Wawancaradilakukan setelah tes akhir siklus I untuk mengukur pemahaman konsep siswa terhadap materi FPB dan KPK. Subjek wawancaraadalah empat siswa yang terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi dua siswa berkemampuansedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan skor tes awal dan saran guru kelas V. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes tulis siswa hasil observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatifmelalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Implementasipembelajaran berbasis teori Dienes meliputi meliputi permainan bebas penelaahan sifat bersama representasi penyimbolan dan pemformalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan kalkulasi pada siklus I sebesar 69% dan siklus II sebesar81% (2) persentase siswa tidak melakukan kesalahan prosedur siklus I 54% dan siklusII sebesar 61% (3) persentase tidak melakukan kesalahan konsep siklus I sebesar 63%dan siklus II sebesar 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasisteori Dienes berbantuan kartu prima dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Sukun 2 Malang terhadap materi FPB dan KPK. Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berbasis teori Dienes berbantuan kartu prima pada materi FPB dan KPK yang berikutnya antara lainsebaiknya disiapkan kartu prima yang berukuran lebih besar khusus untuk presentasi hasil kerja siswa di depan kelas. Kartu prima dibuat dengan warna yang berbeda khususnya kartu yang memuat bilangan sama hal ini untuk menghidari kerancuan terhadap konsep himpunan pada saat siswa menempelkan kartu prima pada diagram Venn. Sebaiknyaguru mengalokasikanwaktu lebih banyak pada tahap penyimbolan dan pemformalan sehingga siswa dapat memahami prosedur penentuan FPB dan KPK berbantuankartu prima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63051 |
Actions (login required)
View Item |