Studi kasus : Konsep diri siswa sekolah dasar Negeri Purwantoro 2 Malang / Mar'i Daniel Rhomadona - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus : Konsep diri siswa sekolah dasar Negeri Purwantoro 2 Malang / Mar'i Daniel Rhomadona

Rhomadona, Mar'i Daniel (2017) Studi kasus : Konsep diri siswa sekolah dasar Negeri Purwantoro 2 Malang / Mar'i Daniel Rhomadona. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rhomadona Mar i Daniel. 2015. Studi Kasus Konsep Diri Siswa Sekolah Dasar Negeri Purwantoro 2 Malang. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata Kunci konsep diri akademik non akademik mindset Melalui hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan pada 10 sampai dengan 12 Desember 2014 di SDN Purwantoro 2 Malang terdapat 2 subjek yang memiliki masalah konsep diri yaitu Roni (nama samaran) dan Udin (nama samaran). Roni merupakan anak yang mudah menunjukkan sifat amarahnya apabila menghadapi sebuah situasi yang sulit untuk dipecahkan. Selain itu diketahui bahwa Roni pernah mencoba bunuh diri dengan lompat dari lantai 2 sekolah. Udin siswa lain yaitu merupakan anak dengan prestasi di bawah rata-rata dan menjadi anak paling pendiam di kelasnya. Berangkat dari kondisi tersebut fokus penelitian ini adalah mengungkap konsep diri siswa. Adapun pengungkapan konsep diri dikaji melalui latar belakang siswa konsep diri akademik dan non akademik sehingga ditemukan sebuah kesimpulan apakah subjek termasuk ke dalam growth mindset atau fixed mindset. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan adalah studi kasus karena peneliti menyelidiki secara cermat suatu peristiwa aktivitas dan proses terhadap obyek yang diteliti. Data yang dikumpulkan berupa data fisik tertulis aktivitas dan lisan. Selanjutnya dilakukan analisis data melalui kategori-kategori konsep diri dan diakhiri dengan proses triangulasi. Prosedur pengumpulan data yaitu melaui teknik observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Prosedur analisis data yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Roni memiliki konsep diri positif hal ditandai oleh adanya keyakinan pada kemampuannya untuk memecahkan masalah bahkan mungkin ketika menghadapi kegagalan dan menyadari serta menerima berbagai kekurangan yang dimiliki untuk kemudian melakukan perbaikan agar dirinya menjadi lebih baik. Sedangkan Udin memiliki konsep diri negatif ditandai oleh sikap pesimis terhadap persaingan perasaan tidak percaya diri merasa diri paling bodoh sikap rendah diri merasa tidak berharga merasa tidak pantas meraih sukses. Aspek fisik dan aspek psikologis merupakan aspek berpengaruh dalam pembentukan konsep diri siswa. Selain itu terbentuknya konsep diri siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu yang dalam diri dan luar diri siswa. Peneliti memberikan saran kepada orang tua hendaknya dapat memberikan bimbingan kepada anaknya untuk selektif dalam memilih teman. Dalam hal ini perlu diperhatikan rentang usia anak dan temannya karena akan berdampak pada pola pikir dan perilakunya. Bagi guru hendaknya membekali diri dengan pengetahuan bimbingan konseling. Hal ini diperlukan bagi seorang guru supaya ketika terjadi permasalahan konsep diri maka permasalahan ini dapat tertangani dengan cepat dan tepat. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah konsep diri siswa pada kondisi latar belakang subjek yang berbeda. Dengan latar belakang subjek yang berbeda akan memberikan referensi sumber yang mungkin belum terwakili latar belakang subjeknya dalam penelitian ini.. Bagi Pemerintah hendaknya tidak hanya memperhatikan pelatihan guru guna meningkatkan prestasi belajar siswa akan tetapi juga memberikan pelatihan kepada guru dalam hal memberikan bimbingan konseling sehingga dapat membangun konsep diri positif bagi setiap siswanya. Dengan konsep diri yang positif akan membangun generasi bangsa yang pantang menyerah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63050

Actions (login required)

View Item View Item