Rukminingrum, Dyah Vija (2017) Pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas V SD (studi kasus di SDN Pagergunung 03 Kabupaten Blitar) / Dyah Vija Rukminingrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rukminingrum Dyah Vija. 2016. Pengetahuan Metakognitif Belajar Siswa Kelas V SD (Studi Kasus di SDN Pagergunung 03 Kabupaten Blitar). Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci pengetahuan metakognitif belajar sekolah dasar Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas V di SDN Pagergunung 03 ditemukan siswa yang menunjukkan pengetahuan metakognitif belajarnya. Siswa mengetahui proses berpikirnya dalam menyelesaikan tugas dan mengetahui kelemahan belajar yang ada pada dirinya. Hasil observasi awal menunjukkan adanya pengetahuan metakognitif belajar yang dimiliki oleh siswa kelas V terkait aspek pengetahuan strategi pengetahuan tugas dan pengetahuan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas V SDN Pagergunung 03. Deskripsi pengetahuan metakognitif belajar siswa dikaitkan dengan tiga aspek yaitu aspek pengetahuan strategi pengetahuan tugas dan pengetahuan diri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata aktivitas dan dokumen. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dua siswa perempuan dan dua siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi wawancara dan telaah dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Tahapan analisis data dalam penelitian ini yaitu pertama reduksi data untuk mempermudah memperoleh gambaran tentang hasil pengamatan dengan cara memilah hal pokok sesuai dengan fokus penelitian. Kedua penyajian data untuk mendeskripsikan secara sistematis sekumpulan informasi dan memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan. Ketiga penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pengecekan data dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas V SDN Pagergunung 03 cukup baik. Keadaan ini dikatakan normal dikarenakan perkembangannya akan terus berlanjut seiring bertambahnya usia. Temuan penelitian tersebut ditarik berdasarkan tiga aspek pengetahuan metakognitif belajar yang ada. Pertama aspek pengetahuan strategi menunjukkan bahwa (1) siswa telah menggunakan tiga jenis strategi belajar umum yang ada yaitu pengulangan organisasi dan elaborasi (2) pengetahuan strategi dipengaruhi oleh instruksi dan bimbingan guru terhadap kemampuan siswa menggunakan strateginya dan (3) siswa memiliki berbagai bentuk strategi yang diatur sendiri sehingga siswa dapat menyesuaikan aktivitas belajarnya dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Kedua pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas V SD terkait aspek pengetahuan tugas menunjukkan bahwa (1) siswa mampu membedakan karakteristik tugas yang dihadapi (2) pengetahuan awal ketepatan waktu serta persiapan yang relevan dengan tugas yang dimiliki siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki karena adanya pengaruh faktor biologis. (3) kesesuaian penggunaan strategi yang diterapkan siswa bergantung pada pemahaman strategi dan tugas yang dihadapi. Ketiga pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas V SD terkait aspek pengetahuan diri ditunjukkan dengan adanya pengetahuan siswa tentang kelebihan dan kelemahan dirinya dan orang lain pada suatu bidang tertentu dan ketika siswa memahami tujuan dan minat pribadinya sehingga berpengaruh terhadap prestasi siswa. Berdasarkan paparan hasil analisis data temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa secara umum pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas V SDN Pagergunung 03 cukup baik. Kesimpulan tersebut didasarkan pada tiga aspek yaitu aspek pengetahuan strategi pengetahuan tugas dan pengetahuan diri. Aspek pengetahuan strategi menyangkut jenis strategi yang digunakan kecenderungan penggunaan strategi dan penggunaan strategi yang diatur sendiri. Aspek pengetahuan tugas meliputi tingkat kesulitan tugas kepemilikan hal-hal yang relevan dengan tugas dan kesesuaian penggunaan strategi dengan tugas. Aspek pengetahuan diri berhubungan dengan kelebihan dan kelemahan diri dan tujuan serta minat pribadi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pertama terkait aspek pengetahuan strategi sebaiknya guru memberikan pelatihan strategi belajar yang bervariasi dan sesuai dengan perkembangan siswa serta mendorong siswa menggunakan strateginya sendiri. Terkait aspek pengetahuan tugas sebaiknya guru memberi kesempatan siswa untuk belajar secara mandiri dan memberi motivasi kepada siswa agar lebih mampu menyelesaikan tugas-tugasnya. Terkait aspek pengetahuan diri sebaiknya guru memberikan umpan balik tentang kemajuan belajar siswa dan kesempatan untuk mengevaluasi belajarnya sendiri terutama mengenai kelebihan dan kelebihan serta minat tujuan siswa. Kedua bagi kepala sekolah sebaiknya aktivitas pembelajaran dan kebijakan yang ada diselenggarakan dengan memperhatikan perkembangan metakognitif belajar siswa. Ketiga bagi praktisi pendidikan sebaiknya ketika melakukan praktik pembelajaran memperhatikan aspek pengetahuan metakognitif belajar agar siswa dapat menjadi manusia pebelajar sepanjang hayat dan dapat belajar secara mandiri dengan baik. Keempat bagi peneliti selanjutnya sebaiknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan melakukan kajian atau penelitian lebih lanjut dengan fokus penelitian yang lebih luas dan mendalam serta untuk menambah pengetahuan berkenaan dengan pengetahuan metakognitif belajar siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63046 |
Actions (login required)
View Item |