Penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP kelas VII pada pembelajaran multi representasi / Dwi Retno Indar Widayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP kelas VII pada pembelajaran multi representasi / Dwi Retno Indar Widayanti

Widayanti, Dwi Retno Indar (2017) Penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP kelas VII pada pembelajaran multi representasi / Dwi Retno Indar Widayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widayanti Dwi R.I. 2017. Penguasaan Konsep dan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP Kelas VII Pada Pembelajaran Multi Representasi Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Sutopo M.Si. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si Kata Kunci pembelajaran multi representasi penguasaan konsep kemampuan argumentasi ilmiah Pembelajaran IPA ditujukan untuk membelajarkan konsep IPA dan melatihkan kemampuan seperti halnya seorang ilmuwan. Melalui pembelajaran multi representasi siswa dapat menyajikan konsep dan ide mereka dengan berbagai ragam representasi sehingga dapat mengembangkan kemampuan argumentasi ilmiah dan memperkuat penguasaan konsep.Belum banyak dilakukan penelitian tentang pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan penguasaan konsep sekaligus melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah khusunya pada jenjang SMP dan pada materi kalor. Penelitian ini bertujuan merancang pembelajaran berbasis pendekatan multi representasi pada pembelajaran IPA materi kalor dan menguji efektivitasnya untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan argumentasi ilmiah. Desainpenelitianmixed-methods model triangulasitelah diterapkan untuk keperluan tersebut. Subjekpenelitianterdiridari 30 siswakelasVIIA SMPN 2 Banturpada semester II tahun pelajaran 2014/2015.Data mencakup data kualitatifdankuantitatif yang diperoleh melaluipretes postes observasi dan catatan lapangan.Karakteristikpembelajaran yang dihasilkanadalahmemfasilitasisiswamelakukanpraktikum dan berdiskusi untukmemecahkan suatumasalah kemudian mempresentasikantemuannyamenggunakanberbagairagamrepresentasi (tulisan gambar diagram dan grafik) disertaiargumentasi yang kuat. Penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran tersebut efektif mencapai tujuan yang diharapkan (1) skorrata-rata penguasaankonsepsiswameningkatsecarasignifikan(p 0 01) daripretes (5 03) kepostes(7 00)dengand-effect size sebesar 2 14(sangatkuat) danN-gainsebesar 0 55 (medium atas) (2) Kemampuanberargumentasisiswameningkatsecarasignifikandaripreteskepostesdenganeffect size yang tinggi (3 12padaaspekteknisdan 2 96padaaspekvaliditaskonseptual) dandenganN-gain dalamkategorimedium atas (0.55 padaaspekteknisdan0 50 padaaspekvaliditaskonseptual).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63044

Actions (login required)

View Item View Item