Pengaruh pola asuh orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS melalui motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peterongan Jombang / Ethika Tri Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola asuh orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS melalui motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peterongan Jombang / Ethika Tri Widyastuti

Tri Widyastuti, Ethika (2017) Pengaruh pola asuh orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS melalui motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peterongan Jombang / Ethika Tri Widyastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyastuti Ethika Tri. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar IPS melalui Motivasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Peterongan Jombang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPS Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A Ph.D. Kata kunci Pola Asuh Orang Tua Fasilitas Belajar Motivasi Belajar Hasil Belajar. Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berguna bagi pembangunan suatu bangsa. Tolok ukur keberhasilan siswa di dunia pendidikan yang sering digunakan adalah dengan melihat hasil belajar siswa. IPS merupakan salah satu bagian dari kurikulum sekolah yang membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan keterampilan dan sikap serta nilai dalam masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan akan tetapi selama ini pembelajaran dalam arti luas lebih bersifat konseptual guru lebih menekankan konsep-konsep tertentu dalam pembelajaran tetapi mengesampingkan pola asuh dan kelengkapan serta penggunaan fasilitas belajar yang justru sangat penting bagi anak untuk memotivasi belajarnya guna mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peterongan Jombang yang diasuh dengan pengasuhan tipe demokratis sebanyak 141 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan hasilnya sebanyak 104 siswa. Untuk proses pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang telah lulus uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Analisis deskriptif bertujuan untuk menginterpretasikan data yang diperoleh. Sedangkan analisis jalur (path analysis) bertujuan untuk mengetahui jalur yang paling efektif untuk mencapai tujuan akhir yaitu hasil belajar IPS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 65 8% (2) ada pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap motivasi belajar sebesar 32 9% (3) ada pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap hasil belajar sebesar 58 6% (4) ada pengaruh langsung fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 25 2% (5) ada pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 88 2% (6) ada pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Akan tetapi motivasi belajar tidak memperkuat pola asuh orang tua terhadap hasil belajar. Hal ini berarti cukup dengan pola pengasuhan tipe demokratis dapat mengoptimalkan hasil belajar anak dan (7) ada pengaruh tidak langsung fasilitas belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Motivasi belajar disini memperkuat fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa jika fasilitas yang dibutuhkan anak untuk belajar terpenuhi maka anak akan bersemangat dan termotivasi untuk belajar yang kemudian berdampak pada hasil belajar yang baik pula. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan beberapa saran antara lain 1) guru IPS hendaknya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan segala kreativitas yang dimilikinya supaya tercapai hasil belajar IPS yang lebih optimal. Di samping itu guru sebaiknya juga harus mengetahui pola pengasuhan yang diterima oleh siswa supaya bisa lebih memahami karakter siswa guna meningkatkan motivasi belajar yang nantinya berdampak pada hasil belajarnya 2) melalui kerjasama dengan sekolah orang tua hendaknya menerapkan pola asuh tipe demokratis dalam mengasuh putera-puterinya serta lebih memfasilitasi belajarnya dengan menyediakan dan menciptakan fasilitas belajar di rumah yang kondusif dan nyaman supaya termotivasi untuk belajar yang lebih giat dan pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar IPS 3) pihak sekolah hendaknya juga mendukung upaya peningkatan hasil belajar IPS dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan fasilitas (sarana) pembelajaran yang menunjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63041

Actions (login required)

View Item View Item