Pengaruh pembelajaran guided inquiry berbasis SALINGTEMAS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP kelas VII berdasarkan kemampuan akademik / Matsna Khoirun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran guided inquiry berbasis SALINGTEMAS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP kelas VII berdasarkan kemampuan akademik / Matsna Khoirun Nisak

Nisak, Matsna Khoirun (2017) Pengaruh pembelajaran guided inquiry berbasis SALINGTEMAS terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP kelas VII berdasarkan kemampuan akademik / Matsna Khoirun Nisak. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisak Matsna Khoirun. 2016. Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Salingtemas Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Kemampuan Akademik. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M. Pd. (II) Dr. Hadi Suwono M. Si. Kata Kunci Guided inquiry salingtemas kemampuan akademik keterampilan berpikir kritis hasil belajar kognitif Pembelajaran IPA hendaknya melibatkan siswa secara aktif untuk membangun pengetahuannya sendiri sehingga menghasilkan pembelajaran bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah guided inquiry berbasis salingtemas. Melalui sintaks pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas siswa dibawa ke pembelajaran kontekstual yang terjadi di sekitar lingkungannya sehingga siswa dapat dilatih untuk mempertajam keterampilan berpikir kritisnya sekaligus meningkatkan hasil belajar kognitif IPA-nya. Pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas juga diharapkan mampu mengatasi kesenjangan antara siswa berkemampuan akademik rendah dan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif IPA siswa berdasarkan kemampuan akademik berbeda. Penelitian ini termasuk jenis kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Post Test Only Design Factorial 3 x 2. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji MANOVA dengan uji lanjut LSD pada 61537 0 05. Hasil penelitian ini adalah (1) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas guided inquiry dan konvensional (2) tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi yang mengikuti pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas guided inquiry dan konvensional (3) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik rendah yang mengikuti pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas guided inquiry dan konvensional (4) ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas guided inquiry dan konvensional (5) tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik tinggi yang mengikuti pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas guided inquiry dan Konvensional (6) tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik rendah yang mengikuti pembelajaran guided inquiry berbasis salingtemas guided inquiry dan Konvensional (7) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis dan (8) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63040

Actions (login required)

View Item View Item