Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN Tlogowaru 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wahyu Purbiantari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN Tlogowaru 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wahyu Purbiantari

Purbiantari, Wahyu (2016) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN Tlogowaru 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Wahyu Purbiantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purbiantari Wahyu. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Pendekatan Keterampilan Prosespada Siswa Kelas III SDN Tlogowaru 1 Kecamatan KedungkandangKota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar JurusanKependidikanSekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I)Drs.Achmad Badawi S.Pd M.Pd (II)Dra. Nur Hanifah M.Pd. . Kata Kunci keterampilan menulis narasi pendekatan keterampilan proses. Menulismerupakan sebuah keterampilan dalam mengorganisasikan gagasan secara tertulis namun bukanhanyasekedarmenuangkanisipikirankedalambentuktulisan tetapilebihke proses kreatifmenuangkangagasankedalamwacana yang dapatdibaca melalui beberapa tahapan guna membantu jalannya penyempurnaan tulisan yang dibuat. Terdapatlimatahapandalamproses menulisyaitupramenulis menulis revisi penyutingandan publikasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menulis melalui pendekatan keterampilan proses dan (2) mendeskripsikan bagaimana hasil menulis narasi melalui pendekatan keterampilan proses. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif denganrancanganpenelitian tindakan kelas.SubyekpenelitianadalahsiswakelasIII SDN Tlogowaru 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang berjumlah25siswa. Data dikumpulkanmenggunakantesmenulis narasiuntuk mengukur tingkat penguasaan siswa dalam menulis narasi berdasarkan gambar melalui pendekatan keterampilan proses. Data yang terkumpuldianalisismenggunakandata deskriptif kuantitatif untuk mencari nilai rata-rata persentase keberhasilan menulis narasi nilai aktivitas siswa dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dianalis secara deskripyif kualititaif. Proses menulis yang diterapkan tidak luput dari lima tahapan menulis. Guru telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan RPP pelaksanaan pendekatan keterampilan proses dilakukan pada kegiatan menulis narasi dengan memperhatikan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata menulis narasi siswa pada pra tindakan yaitu 59 8siklus I meningkat menjadi70dan pada siklus II meningkat menjadi 78 6. Sehinggapenelitidapatmenyimpulkanpendekatanketerampilan proses dapatmeningkatkan keterampilanmenulisnarasisiswakelasIII SDN Tlogowaru 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Berdasarkantemuanhasilpenelitian dikemukakan saran sebagaiberikut (1)guru lebih memperhatikan mengenai proses menulis yang akan diterapkan dalam pembelajaran menulis (2)adanya proses pembelajaran menulis dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan hasil menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item