Implementasi kurikulum 2013 oleh guru bidang studi IPS SMP di Kota Malang / Eni Cahya Wijayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 oleh guru bidang studi IPS SMP di Kota Malang / Eni Cahya Wijayati

Wijayati, Eni Cahya (2017) Implementasi kurikulum 2013 oleh guru bidang studi IPS SMP di Kota Malang / Eni Cahya Wijayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayati Eni Cahya. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 oleh Guru Bidang Studi IPS SMP Di Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (II) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. Kata Kunci implementasi Kurikulum 2013 IPS SMP Implementasi Kurikulum adalah upaya penerapan kurikulum yang telah dirancang/didesain ke dalam tindakan operasional. Perubahan kurikulum merupakan konsekuensi logis karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang senantiasa berubah. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berubah menjadi Kurikulum 2013 mempunyai tujuan untuk memperbaiki cara belajar pada anak. Kurikulum 2013 mendapat perhatian khusus untuk diterapkan di sekolah-sekolah supaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 mengajak siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi juga membuat siswa aktif di dalam kelas. Peneliti ingin mengungkap bagaimana implementasi Kurikulum 2013 pada bidang studi IPS SMP di kota Malang pada sekolah sasaran yaitu SMP Negeri 5 SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro SMP Taman Siswa dan SMP Kartini Yasri. Fokus penelitian pada (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) kesulitan yang dialami guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan (4) upaya-upaya yang dilakukan guru IPS mengatasi kesulitan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Untuk dapat memahami makna peristiwa dan interaksi orang penelitian ini menggunakan strategi triangulasi konkruen karena peneliti mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan kemudian membandingkan dua database tersebut untuk mengetahui apakah ada konvergensi perbedaan-perbedaan atau beberapa kombinasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran yang meliputi penyusunan silabus dan RPP dan karakteristik pembelajaran di SMP N 5 dengan kriteria amat baik SMP N Satu Atap Lesanpuro kriteria amat baik SMP Taman Siswa kriteria baik dan SMP Kartini Yasri kriteria cukup (2) hasil observasi pembelajaran di SMP N 5 dengan kriteria baik SMP N Satu Atap Lesanpuro dengan kriteria cukup SMP Taman Siswa kriteria cukup dan SMP Kartini Yasri dengan kriteria kurang (3) penilaian yang rumit banyaknya materi sehingga waktu menjadi tidak cukup penerapan pendekatan saintifik terutama pada menalar dan menganalisis yang tidak terlaksana sulitnya memadukan materi menjadi IPS Terpadu dan kurangnya sarana prasarana menjadi penyebab kesulitan yang dihadapi guru mata pelajaran IPS dalam implementasi Kurikulum 2013 di kota Malang dan (4) usaha yang dilakukan guru IPS dalam mengatasi kesulitan yaitu (a) sharing antar teman sejawat (b) adanya perubahan mindset guru ke Kurikulum 2013 (c) adanya pelatihan dan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 yang kontekstual (4) pengadaan sarana prasarana yang mendukung implementasi Kurikulum 2013 dan (5) supervisi akademik. Implementasi Kurikulum 2013 guru harus membuat perencanaan pembelajaran dengan baik yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kondisi nyata di sekolah masing-masing. Guru harus kreatif dalam pemilihan model dan media pembelajaran. Guru harus terbuka dan update knowledge agar bisa menghadirkan pembelajaran yang terbaik dan bisa mengimplementasikannya dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63037

Actions (login required)

View Item View Item