Studi komparasi minat dan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powerpoint / Wahyu Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi minat dan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powerpoint / Wahyu Purwanto

Purwanto, Wahyu (2017) Studi komparasi minat dan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powerpoint / Wahyu Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwanto Wahyu. 2016. Studi Komparasi Minat dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan PowerPoint. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W M.A M.Si. (II) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata Kunci minat belajar hasil belajar PBM PowerPoint Mewujudkan mindset pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang bermakna dan sepanjang hayat penting dilakukan melalui pembiasaan belajar di kelas. Belajar melalui pengalaman dapat membuat koneksi sebagai jawaban dari kemungkinan sebuah problematika kehidupan yang terjadi di masa depan. Hal ini kontradiksi dengan pembelajaran yang selama ini cenderung menjadikan model konvensional sebagai rutinitas. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan model pembelajaran yang mengutamakan siswa untuk mencari solusi pemecahan permasalahan yang terjadi pada kehidupan nyata. Penerapan media PowerPoint dalam tahapan model PBM merupakan antisipasi kelemahan pada proses penerapan model tersebut. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) mendeskripsikan perbedaan minat belajar IPS antara kelas yang diajarkan dengan model PBM berbantuan PowerPoint dengan model konvensional dan (2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS antara kelas yang diajarkan dengan model PBM berbantuan PowerPoint dengan model konvensional. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan nonequivalent pretest-posttest group design. Kelompok eksperimen adalah kelas dengan perlakuan model PBM berbantuan PowerPoint sedangkan kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan model konvensional atau model yang biasa diterapkan oleh guru. Model konvensional tersebut adalah pembelajaran dengan menggunakan model ceramah dan pemberian tugas. Penelitian dilaksanakan pada semester Genap tahun ajaran 2015/2016 di SMPN 3 Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Data penelitian ini adalah hasil angket minat belajar dan gain score hasil belajar antara pre-test dengan post-test. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis statistik pada perbandingan minat belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000. Pada perbandingan nilai hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai nilai signifikansi sebesar 0 033. Apabila dilakukan pembandingan kedua hasil uji hipotesis tersebut maka nilai signifikansi 0 05 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar IPS dimana rata-rata peningkatan nilai pada kelas yang menggunakan model PBM berbantuan PowerPoint lebih tinggi daripada kelas konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS dimana rata-rata peningkatan nilai pada kelas yang menggunakan model PBM berbantuan PowerPoint lebih tinggi daripada kelas konvensional. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini model PBM berbantuan PowerPoint terbukti lebih efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Oleh karena itu guru IPS dapat menerapkan model ini sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Penelitian ini masih terdapat beberapa hal yang masih perlu dilakukan pengembangan lanjutan. Pembelajaran dengan belajar pemecahan permasalahan kontekstual menjadi efektif dalam proses diskusi. Oleh karena itu pengembangan permasalahan di sekitar lingkungan dan dari perspektif siswa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Peneliti lanjut juga disarankan melakukan penelitian model PBM berbantuan PowerPoint dengan variabel lain atau menambahkan variabel seperti motivasi siswa hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63036

Actions (login required)

View Item View Item