Hayumuti (2016) Pengembangan multimedia CD interaktif pada pembelajaran tematik tema selalu berhemat energi di SD/MI kelas IV / Hayumuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hayumuti.2016.Pengembangan multimedia CD interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema Selalu Berhemat Energi di SD/ MI Kelas IV.Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo MSc Ph.D (II) Dr. Susriyati Manahal M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Lee dan Owen CD Interaktif Pembelajaran yang diterapkan saat ini di pendidikan sekolah dasar (SD) salah satunya adalah pembelajaran tematik. Sebagai seorang pendidik sudah sepatutnya dan seharusnya dituntut untuk menciptakan ide-ide pembelajaran yang menarik sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Studi awal penelitian mengunakan 5 sekolah yaitu SDN Brenggolo SDN Kawedusan I SDN Pranggang 2 SDN Punjul 2 dan SDN Klanderan Kediri sebagai obyek penggalian data awal kondisi dan fakta pembelajaran di lapangan agar hasil pengembangan multimedia dapat diterapkan di berbagai sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Multimedia CD Interaktif pembelajaran tematik terpadu pada tema Selalu Berhemat Energi untuk siswa kelas IV B SDN Klanderan Kediri. Model pengembangan adalah model pengembangan Lee dan Owens (2004) dengan prosedur (1) Assessment/Analisis terdiri dari analisis kebutuhan dan front-end (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Desain validasi menggunakan uji Validasi ahli coba kelompok kecil uji coba lapangan dan uji coba bentuk evaluasi formatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) Hasil penilaian ahli pengembangan (a) nilai oleh ahli Multimedia mencapai skor 85 62%. (b) nilai oleh ahli Materi mencapai skor 79 66 %. Kedua skor ini berada pada kriteria layak tetapi masih ada yang perlu diperbaiki agar hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. (2) Hasil penilaian guru uji coba skala kecil 83% dan uji coba skala 100% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian Multimedia CD interaktif dinyatakan sangat baik digunakan oleh guru. Namun guru juga memberi saran kepada peneliti untuk melengkapi materi pada masing-masing sub tema agar pembelajaran menjadi lebih terarah. (3) Hasil penilaian siswa uji coba skala kecil 83 25% dan uji coba skala besar 87 02% kedua skor berada pada kriteria sangat baik. Dengan demikian CD interaktif yang dikembangkan ditanggapi baik oleh siswa. (4) Multimedia CD interaktif meningkatkan dapat hasil belajar sesuai hasil analisis ketuntasan klasikal 92%. Persentase ini sudah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 8805 73. Saran pemanfatan dari produk yang telah dikembangkan adalah sebagai berikut (a) Peneliti harus menentukan tema IPA yang tepat agar siswa dapat dengan mudah menerima materi yang disampaikan. (b) Diperlukan petunjuk pemakaian Multimedia pada CD interaktif agar mempermudah siswa. (c) Penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan sampai tahap diseminasi dan implementasi dengan menggunakan sampel yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63034 |
Actions (login required)
View Item |