Pengembangan motivasi belajar siswa berprestasi anak Tenaga kerja Indonesia (studi kasus pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Blitar) / Dian Fitri Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan motivasi belajar siswa berprestasi anak Tenaga kerja Indonesia (studi kasus pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Blitar) / Dian Fitri Nur Aini

Aini, Dian Fitri Nur (2016) Pengembangan motivasi belajar siswa berprestasi anak Tenaga kerja Indonesia (studi kasus pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Blitar) / Dian Fitri Nur Aini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK NurAini Dian Fitri. 2016. PengembanganMotivasiBelajarSiswaBerprestasiAnakTenagaKerja Indonesia (StudiKasuspadaSiswaSekolahDasar di KabupatenBlitar). Tesis. Program StudiPendidikanDasar PascaSarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata Kunci motivasibelajar siswaberprestasi SekolahDasar tenagakerja Indonesia. BerdasarkanstudipendahuluanditemukanfaktabahwasiswaSekolahDasar di KabupatenBlitar yang merupakananakdaritenagakerja Indonesia memilikiprestasibelajar yang baikmeskipuntanpapendampingan orang tua yang lengkap. Setelahdilakukanstudipendahuluanlebihdalam ketercapaianprestasibelajarsiswasalahsatunyadipengaruhiolehmotivasibelajar. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengembanganmotivasibelajarsiswaberprestasi yang merupakananakdaritenagakerja Indonesia padaSekolahDasar di KabupatenBlitar. Deskripsipengembanganmotivasidikaitkandenganbeberapapemenuhankebutuhanbelajarsiswa yaitu kebutuhanfisiologis kebutuhan rasa aman kebutuhan rasa cinta kebutuhanpenghargaandirisertakebutuhanaktualisasidiri. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasus. Dalampenelitianini penelitibertindaksebagaiinstrumenkunci. Data yang digunakandalampenelitianiniberupakata-kata dantindakan. Sumber data dalampenelitianinisatusiswakelas IV satusiswakelas V dansatusiswakelas VI. Penelitianinimenggunakantigateknikpengumpulan data yaitu observasi wawancaradantelaahdokumen. Tahapananalisis data dalampenelitianiniyaitu pertama manajemen data untukmemahamikeseluruhan. Kedua membacadanmembuat memo untukmemahamiunit bermaknadari data. Ketiga mendeskripsikan mengklasifikasikandanmenafsirkan data menjadikodedantema. Keempat menyajikandanmemvisualisasi data. Penelitianinimenggunakanpengecekankeabsahan data dengantriangulasi data. Berdasarkanpaparanhasilanalisis data dantemuanpenelitiansertapembahasandisimpulkanbahwapengembanganmotivasibelajarsiswaberprestasi yang merupakananaktenagakerja Indonesia dapattercapaidenganpemenuhanbeberapakebutuhanbelajarsiswa di rumahdan di sekolah. Pertama kebutuhanfisiologis yang terkaitdengankebutuhandasardanpokoksiswa yang dapatmenunjangkeberlangsungan proses belajarnya. Kedua kebutuhan rasa aman yang berkaitandengankeamananfisikdankeamanan yang bersifatpsikologis. Ketiga kebutuhan rasa cinta yang berkaitandenganinteraksisiswadenganindividu di lingkungannya. Keempat kebutuhanpenghargaandiri yang berkaitandenganreinforcementdanumpanbalikkepadasiswa. Kelima kebutuhanaktualisasidiri yang berkaitandenganpengembanganpotensisecarasistematik. Pemenuhanberbagaikebutuhanbelajarsiswatersebutmenunjukkanketerkaitannyadenganpeningkatanmotivasibelajarnya. Pertama kebutuhanfisiologisbelajarsiswa di rumahdihayatiberdasarkanpemenuhannutrisimakanansiswa pakaianseragam yang dikenakan kebutuhanfinansialterkaituangsakudankeikutsertaan les danwaktuistirahatsiswa. Sedangkankebutuhanfisiologis di sekolahdihayatidengankeberadaankantinsekolah yang memadai ruangkelas yang memadai danwaktuistirahat yang cukupbagisiswa. Kedua kebutuhan rasa aman di rumhdihayatidenganpendampinganbelajaroleh orang tuadanpenataantempatbelajar yang nyaman. Sedangkankebutuhan rasa aman di sekolahdihayatidenganpengendaliansikapsiswa di kelassertasikap guru dalampembelajaran. Ketiga kebutuhan rasa cinta di rumahdihayatidenganperhatian orang tuadankomunikasi yang terjalinantara orang tuadananak. sedangkanpadalingkungansekolah kebutuhan rasa cintadihayatidenganterjalinnyahubunganbaikantara guru dansiswasertasiswadengantemannya. Keempat kebutuhanpenghargaandiri di rumahdihayatidenganpemberian reinforcement positif kepercayaan orang tuadanpemberiaanhadiah. Sedangkankebutuhanpenghargaandiri di sekolahdihayatidenganpenilaiandanumpanbalik yang diresponoleh guru. Kelima kebutuhanaktualisasidiri di rumahdihayatidengandukunganpengembanganhobidancita-citasiswa. Sedangkan di lingkungansekolah kebutuhanaktualisasidiridihayatidenganpanduanbelajar sikaphumanistik guru sertadukunganterhadapminatsiswa. Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagi pertama orang tua. Hasilpenelitianinimemberikanpengetahuankepadaorangtuatentangpengembanganmotivasibelajarsehinggadapatdijadikansebagairujukanuntukkebutuhanpendampinganterhadappendidikananakpadausiasekolahdasar.Kedua guru. Hasilpenelitininidapatdigunakansebagaibahanpertimbanganbagi guru untukmemberikankonselingterhadapanaktenagakerja Indonesiadalammemberikanmotivasiagar dapatmeningkatkanpembelajaransiswasertabahanpengetahuanbagi guru tentangkarakteristikanakdidiknyasehinggadapatmemahamikebutuhansiswadalambelajar.Ketiga peneliti. Hasilpenelitianinimemberikandeskripsikajiantentangpengembanganmotivasibelajarsiswaberprestasianaktenagakerja Indonesia sehinggadapatdijadikansebagairujukanuntukkeperluanpenelitianselanjutnya. Keempat praktisipendidikan. Hasilpenelitianinimemberikandeskripsikajiantentangmotivasibelajarsiswaberprestasianaktenagakerja Indonesia sehinggadapatdijadikanrujukanuntukmembuatkebijakanberkenaandenganpeningkatankualitaspembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63033

Actions (login required)

View Item View Item