Penerapan pendidikan matematika realistik untuk memahamkan konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 Kabupaten Malang / Wahyu Eko Permadi

Permadi, Wahyu Eko (2016) Penerapan pendidikan matematika realistik untuk memahamkan konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 Kabupaten Malang / Wahyu Eko Permadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eko Permadi, Wahyu. 2016. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik untuk Memahamkan Konsep Pecahan Pada Siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 Kabupaten Malang. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Cholis SaÔÇÖdijah, M.Pd, M.A dan (II) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd Kata Kunci : Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep pecahan Pembelajaran matematika tidak hanya dengan menghafal sebuah rumus tetapi harus memahami sebuah konsep matematika. Pembelajaran matematika juga harus memberikan motivasi siswa untuk senang belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Sumberejo 03 beberapa siswa masih belum memahami konsep matematika hal ini ditunjukkan pada pemahaman siswa pada konsep pecahan masih bersifat simbolik. Rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan karena cara mengajar guru yang belum mengarahkan siswa untuk memahami konsep tetapi menghafal apa yang dijelaskan guru. Lalu guru juga belum bisa membuat siswa aktif dalam menemukan konsep matematika. Untuk itu guru mengubah cara mengajarnya dengan menerapkan pendidikan matematika realistik dengan tujuan siswa bisa aktif dalam menemukan konsep dengan memanfaatkan dunia nyata dan pengalamannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengembangkan sebuah proses kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah yang sesuai dengan pendidikan matematika realistik sehingga dapat memahamkan konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 dengan jumlah 21 siswa. Kegiatan penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumberejo 03. Langkah-langkah penerepan pendidikan matematika realistik terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) tahap awal yaitu mengajukan konteks kepada siswa, (2) tahap inti terdiri dari kegiatan: memahami masalah konstektual, menyelesaikan masalah konstektual lalu mendiskusikanya dan (3) tahap akhir yaitu menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus yang kedua secara klasikal sudah mecapai 90,2%. Aktifitas siswa juga sudah mencapai kategori baik. Pada kegiatan wawancara juga dapat dinyatakan bahwa siswa juga sudah memahami konsep pecahan dengan penjelasan dari siswa tentang cara penyelesaian masalah yang tersaji. Berdasarkan hal tersebut berarti penerapan pendidikan matematika realistik dapat memahamkan konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 03 kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63030

Actions (login required)

View Item View Item