Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan (studi pada siswa kelas V tahun pelajaran 2014/2015 di SDN Balonggemek 1 Kecamatan Mengaluh Kabupaten Jombang) / Yoggy Febriaw - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan (studi pada siswa kelas V tahun pelajaran 2014/2015 di SDN Balonggemek 1 Kecamatan Mengaluh Kabupaten Jombang) / Yoggy Febriaw

Febriawan, Yoggy (2016) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan (studi pada siswa kelas V tahun pelajaran 2014/2015 di SDN Balonggemek 1 Kecamatan Mengaluh Kabupaten Jombang) / Yoggy Febriaw. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriawan Yoggy. 2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan(Studi pada siswa kelas V tahun ajaran 2014/2015 di SDN Balonggemek I Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang). Tesis. Program Studi Pendidikan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji S.Pd M.Si (2) Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed Kata Kunci Inkuiri terbimbing dengan bntuan media manipulatif hasil belajar Matematika Sekolah Dasar Pecahan merupakan salah satu kompetensi pada bidang studi matematika di Sekolah Dasar. Studi pendahuluan di SDN Balonggemek 1 Jombang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kompetensi penjumlahan dan pengurangan pecahan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu perlu upaya untuk menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan mediamanipulatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Balonggemek 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan bersiklus. Tiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan melalui dua siklus. Subjek penelitian dalam PTK ini yaitu siswa kelas V SDN balonggemek I Jombang tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 17 siswa terdiri dari 7 siswa laki dan 10 siswa perempuan. Di dalam pelaksanaan penelitian peneliti bekerja sama dengan guru mitra yaitu Bu Mahmudah. Peran guru tersebut yaitu melakukan pengamatan dan pencatatanterhadap kegiatan dalam pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan dan pengurangan pecahan meningkat setelah diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif. Peningkatan hasil belajar kognitif ditandai dengan peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 56 6 dan pada siklus II mencapai 80 4. Pada siklus I terdapat 7 siswa yang tuntas dalam belajar sedangkan pada siklus II terdapat 13 siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil temuan tersebut disarankan kepada guru SD bidang studi matematika untuk menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan media manipulatif dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63027

Actions (login required)

View Item View Item