Zativalen, Oriza (2016) Pengaruh metode Number Head Together (NHT) dan gaya belajar terhadap hasil belajar pengetahuan dan sikap pada pembelajaran tematik di kelas V SDN Dinoyo 2 / Oriza Zativalen. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zativalen Oriza. 2016. Pengaruh Metode Number Head Together (NHT) dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Pengetahuan dan Sikap pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN Dinoyo 2. Prodi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Pembimbing II Dr. Sulthon M.Pd. Kata kunci metode number head together (NHT) gaya belajar hasil belajar pengetahuan sikap sosial Metode Number Head Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Stuktur kooperatif NHT menghendaki agar siswa bekerja sama saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil dan lebih dicirikan oleh penghargaan kooperatif daripada penghargaan individual. Hasil belajar berhubungan dengan dua faktor utama yaitu karakteristik siswa dan kualitas pembelajaran. Kondisi pembelajaran berhubungan dengan karakteristik bidang studi kendala dan karakteristik siswa. Gaya belajar merupakan faktor yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar pengetahuan dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh metode NHT terhadap hasil belajar pengetahuan dan sikap (2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pengetahuan dan sikap dan (3) pengaruh metode NHT dan gaya belajar terhadap hasil belajar pengetahuan dan sikap tema 8 pembelajaran tematik kelas V SDN Dinoyo 2. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Dinoyo 2 pengambilan sampel dengan random yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 32 siswa. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar pengetahuan observasi sikap kerjasama siswa dan angket gaya belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan MANAVA berbantuan software IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh metode NHT terhadap hasil belajar pengetahuan dan sikap (2) tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pengetahuan tetapi ada pengaruh gaya belajar terhadap sikap (3) terdapat pengaruh interaksi metode NHT dan gaya belajar terhadap hasil belajar pengetahuan tetapi tidak ada pengaruh interaksi metode NHT dan gaya belajar terhadap sikap tema 8 pada pembelajaran tematik kelas V SDN Dinoyo 2. Kepada guru kelas tinggi disarankan agar menggunakan metode NHT pada pembelajaran tematik untuk hasil belajar pengetahuan dan sikap kerja sama. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk (1) menguji pengaruh metode NHT dan gaya belajar terhadap hasil belajar pengetahuan dan sikap pada kelas rendah (2) pengambilan data gaya belajar sebaiknya dilakukan oleh guru atau wali murid (3) kemampuan guru sebaiknya dikontrol dengan melihat kemampuan guru yang sama pada kelas kontrol dan kelas eksperimen (4) pemberian waktu yang jelas pada kegiatan metode NHT (5) menguji variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar pengetahuan dan sikap seperti motivasi belajar siswa kemampuan awal siswa keaktifan siswa dan kemampuan guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63026 |
Actions (login required)
View Item |