Iklim belajar siswa kelas VI SD (studi kasus di lingkungan "Lokalisasi" Suka Jaya dan SDN Suka Jaya Kabupaten Malang) / Mega Lovrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Iklim belajar siswa kelas VI SD (studi kasus di lingkungan "Lokalisasi" Suka Jaya dan SDN Suka Jaya Kabupaten Malang) / Mega Lovrina

Lovrina, Mega (2016) Iklim belajar siswa kelas VI SD (studi kasus di lingkungan "Lokalisasi" Suka Jaya dan SDN Suka Jaya Kabupaten Malang) / Mega Lovrina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lovrina Mega. 2016. Iklim Belajar Siswa Kelas VI SD Studi Kasus di Lingkungan Lokalisasi Suka Jaya dan SDN Suka Jaya Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci iklim belajar lokalisasi dan karakteristik siswa kelas VI. Berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 10 11 dan 17 September 2015 peneliti menemukan beberapa permasalahan di lingkungan lokalisasi Suka Jaya dan SDN Suka Jaya Kabupaten Malang. Beberapa permasalahan yang dapat didentifikasi oleh peneliti yaitu 1) Situasi dan kondisi belajar di lokalisasi Suka Jaya Kabupaten Malang kurang mendukung siswa untuk belajar 2) Adanya perilaku agresi di lingkungan sekolah sehingga menimbulkan lingkungan sosial di sekolah kurang kondusif/kurang memberikan kenyamanan belajar untuk siswa. Berdasarkan studi pendahuluan tersebut peneliti merumuskan dua fokus penelitian. Pertama iklim belajar di lingkungan lokalisasi Suka Jaya Kabupaten Malang. Kedua iklim belajar di SDN Suka Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data fisik data aktivitas data tertulis dan data lisan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu subjek penelitian orang tua subjek penelitian siswa kelas VI SDN Suka Jaya dan guru kelas VI SDN Suka Jaya . Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber waktu dan metode. Peneliti menggunakan model analisis data deskriptif kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap 1) reduksi data 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai iklim belajar siswa kelas VI SD di SDN Suka Jaya dan di lingkungan lokalisasi Suka Jaya Kabupaten Malang yaitu 1) Iklim belajar di lokalisasi Suka Jaya Kabupaten Malang cenderung belum mendukung siswa untuk belajar. Lingkungan fisik di lokalisasi Suka Jaya cenderung tidak nyaman bagi siswa dikarenakan bising dan belum adanya ruangan belajar yang memadai bagi siswa. Lingkungan intelektual di lokalisasi kurang mendukung siswa untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya. Lingkungan emosional di lokalisasi cenderung tidak memberikan kenyamanan untuk siswa. Lingkungan sosial di lokalisasi kurang nyaman bagi subjek penelitian dikarenakan banyak para PSK yang bermesraan dengan pelanggan dan seringkali terjadi perkelahian di lingkungan tersebut 2) Lingkungan intelektual di SDN Suka Jaya cenderung belum mendukung kegiatan belajar siswa dikarenakan kemampuan kognitif siswa kelas VI pada umumnya masih rendah. Penyediaan sarana dan prasarana di SDN Suka Jaya juga kurang optimal dikarenakan ruang perpustakaan tidak dapat diakses secara bebas oleh siswa. Sementara itu lingkungan sosial dan emosional di SDN Suka Jaya cenderung cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada 1) kepala sekolah untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa dan melakukan refleksi iklim belajar di sekolah secara rutin 2) guru agar lebih profesional melakukan evaluasi iklim belajar secara rutin dan meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa. 3) guru BK untuk memberikan pendampingan dan motivasi belajar bagi siswa yang berasal dari lingkungan keluarga/rumah yang kurang mendukung untuk belajar 4) orang tua siswa untuk menciptakan iklim belajar yang nyaman bagi siswa di rumah dan memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar 4) peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian tentang pengaruh agresi dan pemberian stigma oleh lingkungan sekitar terhadap perkembangan psikologis siswa. Hal ini dikarenakan penelitian ini belum membahas secara mendalam mengenai pengaruh tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63021

Actions (login required)

View Item View Item