Pengembangan pembelajaran ekosistem berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar waduk Lahor untuk meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Kabupaten Blitar / Ayom Sribekti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekosistem berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar waduk Lahor untuk meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Kabupaten Blitar / Ayom Sribekti

Sribekti, Ayom (2016) Pengembangan pembelajaran ekosistem berbasis inkuiri terbimbing dengan sumber belajar waduk Lahor untuk meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Kabupaten Blitar / Ayom Sribekti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sribekti Ayom. 2016. PengembanganPembelajaranEkosistemBerbasisInkuiriTerbimbingdenganSumberBelajarWadukLahoruntukMeningkatkanKeterampilan Proses Sains SikapIlmiahdanHasilBelajarKognitifSiswaKelas VII SMPNegeri 1 SelorejoKabupatenBlitar. Tesis. Program StudiPendidikanDasarkonsentrasi IPA Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M. Si. (II) Prof. Dr. ArifHidayat M. Si. Kata kunci pengembanganpembelajaran inkuiriterbimbing WadukLahor keterampilan proses sains sikapilmiah hasilbelajarkognitif. PenelitianpengembanganinibertujuanuntukuntukmenghasilkansebuahperangkatpembelajaranekosistemberbasisinkuiriterbimbingdengansumberbelajarWadukLahor yang dapatmeningkatkanketerampilan proses sains sikapilmiah danhasilbelajarkognitifsiswakelas VII SMP Negeri 1 SelorejoKabupatenBlitar. Penelitianpengembanganinimengadopsi model 4D yang dikembangkanolehThiagarajan dkk (1974) yang disesuaikandengankondisipenelitian yang dilakukan. Tahapan-tahapanpengembangan model 4D menurutThiagarajan dkk (1974) terdiridaridefine (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dandisseminate (penyebarluasan). Perangkatpembelajaran yang dikembangkanterdiridarisilabus RPP handout dan LKS. Perangkatpembelajaran yangdihasilkankemudiandivalidasioleh validator ahlidanpraktisilapangan kemudiandilakukanujiperorangandanujikelompokkecil.Instrumenpengumpulan data dalampenelitianiniadalahlembarvalidasi angket soaltes danlembarobservasi. Data penelitianterdiridariyaitu data kuantitatif yangdiperolehdariskorpenilaianterhadaplembarvalidasiperangkatpembelajaranmaupunangketresponsiswa dan data kualitatifdiperolehdarikomentardan saran dariahliisidankomentardarisiswapadaujiperseorangandanujikelompokkecil.Data kuantitatifmaupun data kualitatifdigunakansebagaiacuanrevisiuntukmendapatkanprodukpengembangan yang memenuhikeefektifitandankriteriakelayakan. Hasilpenelitianpengembanganinimenunjukkanbahwa 1) perancangan dan penyusunan perangkat pembelajaran ekosistemberbasisinkuiriterbimbingdengansumberbelajarWadukLahortelah berhasil dilakukan dan terbukti memiliki kualifikasisangatlayakdantidakperludirevisidenganreratahasilvalidasi 8805 90. Dengandemikianberartiperangkatpembelajaran yang dikembangkandapatdigunakandalamkegiatanpembelajaran. Tingkat keterlaksanaanpembelajarandenganperangkatpembelajaranekosistemberbasisinkuiriterbimbingdengansumberbelajarWadukLahortermasukdalamkategoribaik capaian nilai untuk keterampilan proses sains dan sikap ilmiah pada kategori sangat baik dan baik serta rerata ketuntasan hasil belajar kognitif yang mencapai 75%. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapatmeningkatkanketerampilan proses sains sikapilmiahdanhasilbelajarkognitifsiswakelas VII SMP Negeri 1 SelorejoKabupatenBlitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63012

Actions (login required)

View Item View Item