Pengaruh pembelajaran siklus belajar dengan diagram vee terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa SMP ditinjau dari kemampuan awal / Samsiah Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran siklus belajar dengan diagram vee terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa SMP ditinjau dari kemampuan awal / Samsiah Hayati

Hayati, Samsiah (2016) Pengaruh pembelajaran siklus belajar dengan diagram vee terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa SMP ditinjau dari kemampuan awal / Samsiah Hayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayati Samsiah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar dengan diagram Vee terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Awal. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si (2) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D Kata Kunci siklus belajar diagram Vee kemampuan awal hasil belajar kognitif keterampilan proses sains Rata-rata hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa di Indonesia secara umum masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Sekolah yang masih menerapkan pembelajaran tradisional cenderung lebih menekankan pada hafalan materi dan jarang melakukan praktikum. Strategi pembelajaran yang kurang efektif serta rendahnya hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa ini diharapkan dapat diatasi dengan menggunakan strategi pembelajaran siklus belajar berbantuan diagram Vee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran siklus belajar dengan diagram vee terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa ditinjau dari kemampuan awal. Penelitian telah dilakukan dengan rancangan kuasi eksperimen dengan posttest only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Banjarbaru tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII I (32 siswa) yang belajar menggunakan pembelajaran siklus belajar dengan diagram vee dan kelas VII H (32 siswa) yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh berupa data hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Butir soal tes yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan statistik uji anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran siklus belajar dan diagram Vee dengan pembelajaran konvensional. Selain itu diperoleh informasi bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains antara siswa yang berkemampuan awal berbeda yang belajar menggunakan pembelajaran siklus belajar dan diagram Vee. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63010

Actions (login required)

View Item View Item