Identifikasi miskonsepsi materi IPA kelas VIII dengan Teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi dan upaya perbaikan melalui strategi konflik kognitif / Dian Aprilyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi miskonsepsi materi IPA kelas VIII dengan Teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi dan upaya perbaikan melalui strategi konflik kognitif / Dian Aprilyani

Aprilyani, Dian (2016) Identifikasi miskonsepsi materi IPA kelas VIII dengan Teknik Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi dan upaya perbaikan melalui strategi konflik kognitif / Dian Aprilyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilyani Dian. 2016. IdentifikasiMiskonsepsiMateriIPASMPKelasVIII denganTeknikCertainty of Response Index (CRI) TermodifikasidanUpayaPerbaikannyaMelaluiStrategiKonflikKognitif. Tesis Program StudiPendidikanDasar IPA PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr.SusriyatiMahanal M.Pd. (2) Dr. Lia Yuliati M Pd. Kata Kunci strategikonflikkognitif miskonsepsi materi IPA Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengidentifikasimiskonsepsisiswa SMP padamateriIPA (2) mengetahuiapakahstrategikonflikkognitifdapatmengurangimiskonsepsisiswa SMP dan (3) bagaimanaretensipemahamankonsepdanpersistensimiskonsepsisiswa SMP setelahpembelajaranperbaikandenganstartegikonflikkognitif. Penelitianmenggunakanmixed methoddesainembedded experimental.Subjek penelitian 26 siswa SMPNegeri 1 BululawangKelas VIII D semester genap tahun ajaran 2015/ 2016.Pengambilan data denganmenggunakan 20soal CRI termodifikasiuntukpretest posttestdandelaytest bukucatatansiswadanhasilwawancara. Analisisterhadapjawabandanalasanpretestuntukmengetahuijenismiskosnepsisiswa. Bukucatatandanwawancarauntukmemperkuattemuantentangberkurangnyamiskonsepsisiswa. Uji-t dilanjutkan n-gain terhadapskorpretestdan posttestuntukmengujihipotesis. Membandingkanjumlahsiswapahamkonseppadaposttest dandelaytestuntukmengetahuiretensipemahamankonsepsiswa.Membandingkanjumlahsiswamiskonsepsipadapretest posttest dandelaytestuntukmengetahuipersistensimiskonsespsisiswa. Hasilpenelitianmenunjukkan (1)miskonsepsiterjadipadasemuakonsep terutamapadakonsepgerakpersitaltik tujuanpencernaanmakanan tujuanpernapasandangangguanpadasistemperedarandarahmanusia (2) strategikonflikkognitifdapatmengurangimiskonsepsisiswa SMP (3) retensisiswa SMP masukkategorisangatbaik artinyakonsepbenar yang diperolehsiswadapatditerimadandipertahankan di memorijangkapanjang. Persistensimiskonsepsi yang dialamisiswa SMP masukkedalamkategorisangatrendah artinyasiswamaumenerimakonsepbenarsehinggamiskonsepsinyaterganggudantidakmempertahankanmiskonsepsinya. Sebagaiimplikasipenelitianinidikemukananbeberapa saran 1) pembelajaranperbaikansebaiknyatidakdilaksanakanbersamaandenganmaterilainnya karenamiskonsepsi yang belumterselesaikandapatmempengaruhipemahamansiswapadamateriberikutnya 2) identifikasimiskonsepsiperludilakukanterlebihdahulusehinggadapatmerencanakankonflikkognitif yang dapatmenjadikonflik di pikiransiswa sesuaidengantingkatberpikirsiswadanlebihmemotivasisiswauntukmenimbulkanpemahamankonsepmenjadilebihbermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63007

Actions (login required)

View Item View Item