Analisis perbedaan hasil belajar kognitif IPS dan keterampilan sosial melalui model pembelajaran make a match berbantuan slide share / Udin Cahya Ari Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan hasil belajar kognitif IPS dan keterampilan sosial melalui model pembelajaran make a match berbantuan slide share / Udin Cahya Ari Prasetyo

Prasetyo, Udin Cahya Ari (2016) Analisis perbedaan hasil belajar kognitif IPS dan keterampilan sosial melalui model pembelajaran make a match berbantuan slide share / Udin Cahya Ari Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ari Prasetyo Udin Cahya. 2016. Perbedaan hasil kognitif belajar IPS dan keterampilan socias melalui model pembelajaran Kooperatif Make A Match berbantuan slide share. Tesi Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (II) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd Kata Kunci Hasil Kognitif Belajar Keterampilan Sosial Make a Match. Pelaksanaan penelitian ini dikarenakan adanya masalah yang dihadapi oleh siswa kelas V di SDN Ampelgading 01. Meraka merasa kesulitas dalam memahami materi mata pelajaran IPS hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dengan nilai KKM 70 hanya 5% dari jumlah total keseluruan siswa sebanyak 26 siswa di kelas A dan 28 siswa di kelas B. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran kurangnya media membuat guru hanya menggunakan media yang konvensional seperti media buku dan pembelajaran yang dilakukan bersifat aksi dari guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan jenis eksperimen semu. Desain eksperimen semu yang digunakan adalah non equivalent control group design dengan menggunakan uji t-test independent yang di bantu dengan software SPSS 16 dalam menganalisis data yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil perlakuan dalam pelaksanaan penelitian. Dari hasil penelitian diambil data gain score untuk melihat signifikan perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen data hasil uji t menyatakan hasil kognitif belajar yang di ukur dari gain skor pretes dan postes bahwa nilai signifikannya adalah 0.000 dan untuk keterampilan sosial nilai signifikannya 0.000. Sehingga dapat diketahu bahwa 0.000 8804 0.05 dengan demikian dapat di ambil keputusan bahwa terdapat perbedaan secara signifikansi sehingga ada pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match berbantuan slide share terhadap hasil kognitif belajar IPS dan keterampilan sosial siswa. Temuan temuan yang terjadi selama penelitian adalah (1) selama penelitian tingkat pertemanan siswa meningkat ditandai dengan adanya tos ketika bertabrakan (2) kemampuan berkomunikasi dengan siswa lain meningkat (3) kepedulian antara siswa satu dengan lainnya semakin meningkat di tandai dengan pemberian informasi kepada teman yang belum menemukan pasangannya (4) kerjasama antara kelompok semakin baik (5) hasil kognitif belajar IPS meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63004

Actions (login required)

View Item View Item