Karolina, Anita (2016) Penerapan metode ceramah dipadu pembelajaran kooperatif teams games tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (Studi pada siswa kelas IVB SDN 4 Wawotobi Kabupaten Konawe) / Anita Karolina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anita Karolina 2016. PenerapanMetodeTeams Games TournamentUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajar IPS ( StudipadaSiswaKelasVIb SD Negeri 4 WawotobiKabupatenKonawe). Tesis. Program StudipendidikanDasar. Pascasarjanah.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing 1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E 2) SitiMalikhahTowaf M.A. Ph.D. Kata Kunci MetodeTeams Games Tournament (TGT) MotivasiBelajar HasilBelajar. Berdasarkanhasilobservasiawaldanwawancarapadasiswaditemukanpermasalahandalampembelajaran IPS di kelas IV.Permasalahandalampembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Wawotobiyaitu (1) keterlibatansiswadalampembelajaranrendah (2) komunikasitidakefektif (3) siswatakutdanmalumenampilkanhasilkerjanya (4) kerjasamadalamkelompoktidakberjalanefektif dan (5) siswamerasabosandalampembelajaran. Penelitiberpendapatbahwahaliniterjadikarenarendahnyamotivasibelajar yang dimilikisiswasehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswamenjadirendah.Salah satumetode yang digunakandalamperbaikanpembelajaranadalahmetode TGT metodeinimerupakanpembelajarankooperatifmemiliki5 langkah tahapan yaitu tahap penyajian kelas (class precentation) belajar dalam kelompok (teams) permainan (games) pertandingan (tournament) dan penghargaan kelompok (team recognition). Halmembuatsiswabekerjasamadalamkelompoknyadantermotivasiuntukbelajarkarena di dalampelaksanaanyamembuatmerekabermainsambilbelajar. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanametodeceramahdipadupembelajarankooperatif TGT dalammeningkatkanmotivasibelajarsiswadanmengukurhasilbelajar IPS siswadenganmenggunakanmetode TGT dalam proses pembelajaran. Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK) dengansubjekpenelitiansiswakelasIVb SDN 4 Wawotobiberjumlah 20 siswa. Penelitibertugassebagaisebagaiinstumenkuncidalampelaksanaanpenelitianyaknisebagaipemberitindakanatau guru model yang dibantuguru kelassebagaiobserver.Instrumenpengumpulan data meliputilembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran lembarangketmotivasisiswa soaltes wawancara dandokumentasi.Untukmenganalis data penelitimenggunakananalisiskualitatif. Hasilpenelitiandenganmenggunakanmetode TGT dalampembelajaran IPS padakelasIVb SDN 4 WawotobiKabupatenKonawemenunjukkanmotivasidanhasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.Padamotivasibelajarsiswa di siklus I sebesar 70% sedangkanmotivasibelajarsiswapadasiklus II mengalamipeningkatansebesar 85% dimanajumlahinisudahmelebihikriteriaketuntasan yang telahditentukanyaknisebesar 80%. Sejalandenganmotivasihasilbelajarjugamengalamipeningkatan di mulaidariawalsiklusdimanapadasiklus I hasilbelajarsiswamencapai 71 85% sedangkanpadasiklus II mengalamipeningkatan 79 75%. Hal inimenunjukkanbahwapenggunaanmetodepembelajaran yang tepatdalam proses pembelajaranakanmemberikandampak yang positifdalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa di sekoalah. Saran daripenelitidalampenggunaanmetode TGT yaitu 1) sebagai guru sebaikyamenggunakanmetodedalammengajardanharuspandaimemilihmetode yang tepatuntukmateri yang hendak di pelajari 2) bagi guru yang akanmenggunakanmetode TGT di dalampembelajarannya agar manajemenwaktulebihdiperhatikanlagidikarenapenerapan TGTinimembutuhkanwaktu yang lebih lama dalam proses games tournament.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63003 |
Actions (login required)
View Item |