Yulianti, Dwi (2016) Analisis unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi siswa kelas IV SDN Rampal Celaket I Kota Malang / Dwi Yulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulianti Dwi. 2016. AnalisisUnsur-unsurIntrinsikDalamKaranganNarasiSiswaKelas IV SDN RampalCelaket I Kota Malang.Skripsi JurusanKependidikanSekolahdanPrasekolah FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1)Dra. RatnaTriekaAgustina S.Pd. M. Pd. (2) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci analisis unsurintrinsik karangannarasi. Terdapatempatketerampilanberbahasa yaitumenyimak berbicara membaca danmenulis.Jenistulisan yang diajarkanpadatahapmenulislanjutdi kelas III IV V dan VI adalahmenuliskarangannarasi.Karangannarasiadalahkarangan yang menyajikanserangkaianperistiwa yang biasanyadisusunmenuruturutanwaktutertentu.Unsurintrinsikkarangannarasiterdiridaritokoh alur latar sudutpandang danamanat.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipenggambarandanpenggunaankaraktertokoh alur latar sudutpandang danamanatdalamkarangannarasisiswakelas IVB SDN RampalCelaket I Kota Malang. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif jenispenelitian yang digunakanyaitupenelitiandeskriptif yang bertujuanuntukmendeskripsikantentangunsurintrinsikdalamkarangannarasimeliputitokoh alur latar sudutpandang danamanat.Sumber data diperolehdarihasilkarangannarasisiswadanhasilwawancara guru sertasiswa.Teknikpengumpulan data yang digunakanyaituwawancara pemberiantestulis danobservasi.Subyekpenelitianadalahsiswakelas IVB SDN RampalCelaket I Kota Malang yang berjumlah 23 siswa. Penggambarankaraktertokohmenunjukkanseluruhsiswamenggunakandirinyasebagaitokohutamanamunterdapat 47 83% atau 11 siswayang penggambarannyatokohnyatidakterlihatserta39 13% atau 9 siswamenuliskanpenggambarantokohsecaratidaklangsung 8 69% atau 2 siswa yang menuliskanpenggambarantokohsecaralangsungdan 4 35% atau 1 siswa yang menuliskanpenggambarankaraktertokohsecaralangsungdantidaklangsung. Penggunaanalur sebanyak 95 65% atau22 siswasudahmenggunakanalurmajukarenadianggaplebihmudahdipahami. Untuklatar terdapat 30 43% atau 7 siswa yang menggunakan 2 latardansebanyak 69 56% atau 16 siswa yang menggunakan 3 latarwaktu tempatdansuasana. Sudutpandang yang dipilihsiswayaitusudutpandang orang pertamasebagaipelakuutamadengansiswasebanyak 86 95% atau 20 siswa. Terdapat34 78% atau 8 siswa yang tidakmenggunakanamanat 43 47% atau 10 siswa yang telahmenuliskanamanatsecaralangsung/implisit terdapat 21 74% atau 5 siswa yang telahmenuliskanamanatsecaratidaklangsung (tersirat)/ eksplisit. Untukmeningkatkanhasilmenuliskarangannarasi guru dapatmenggunakanmetode model pembelajaran dan media yang menarikperhatiansiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 26 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6300 |
Actions (login required)
View Item |