Febriana, Reni (2016) Pengembangan digital book sebagai pembelajaran mandiri pada mata kuliah Pengembangan Media Foto untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Reni Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Febriana Reni. 2016. Pengembangan Digital Book sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Mata Kuliah Pengembangan Media Foto untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono M.Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata Kunci Digital Book Pembelajaran Mandiri Pengembangan Media Foto Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pengembang pada mata kuliah Pengembangan Media Foto di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang permasalahan pembelajaran yang terjadi adalah belum tersedianya media untuk pembelajaran mandiri serta belum ada materi yang tepat dan lengkap untuk pokok bahasan lighting wedding photography. Digital book merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pembelajaran mandiri. Dengan kelengkapan fitur yang tersedia pada media ini mahasiswa atau pengguna dapat mengatur sendiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan kecepatan dan pemahaman masing-masing individu. Digital book juga menyediakan gambar serta video sehingga dapat membuat mahasiswa lebih mudah dan tertarik untuk memahami materi. Tujuan dari pengembangan ini yaitu menghasilkan produk digital book yang valid. Pengembangan digital book dikembangkan menggunakan model pengembangan Research and Development (R D) dalam Sugiyono. Adapun subjek penelitian dalam pengembangan digital book ini adalah mahasiswa angkatan 2014 semester 4 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Media digital book ini divalidasi oleh ahli media dengan persentase 93 33% ahli materi dengan persentase 96 67% dan hasil uji coba lapangan sebesar 85 49%. Hal ini menunjukkan bahwa digital book sebagai pembelajaran mandiri dapat dinyatakan valid untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Pengembangan Media Foto. Pengembang berharap penelitian ini dapat berguna bagi pihak yang membutuhkan serta bermanfaat untuk penelitian selanjutnya yang serupa. Disarankan untuk pengembang selanjutnya dapat mengembangkan digital book yang lebih baik lagi dari segi tepat guna tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/630 |
Actions (login required)
View Item |