Pembelajaran matematika berkonstruksi origami untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa di SMP Negeri 5 Singosari Satuy AStap Malang / Dian Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika berkonstruksi origami untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa di SMP Negeri 5 Singosari Satuy AStap Malang / Dian Wardhani

Wardhani, Dian (2016) Pembelajaran matematika berkonstruksi origami untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa di SMP Negeri 5 Singosari Satuy AStap Malang / Dian Wardhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Dian. 2016. Pembelajaran Matematika Berkonstruksi Origami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial Siswa di SMP Negeri 5 Singosari Satu Atap Malang. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. MA Kata Kunci pembelajaran matematika origami kecerdasan spasial Permasalahan yang dialami siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Singosari Satu Atap dengan peneliti sebagai guru matematika adalah siswa kurang mampu memahami gambar atau bentuk pada bangun ruang. Siswa kurang mampu memahami bagian-bagian yang terdapat pada bangun ruang (rusuk sisi diagonal dll) dan tidak memahami darimana didapatkannya rumus luas permukaan dan volume. Siswa cenderung untuk menghafalkan rumus yang telah ada. Siswa tidak berusaha mengembangkan kemampuan dan penginderaan spasialnya yang sangat berguna dalam memahami relasi dan sifat-sifat dalam geometri untuk memecahkan masalah matematika dan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapan pembelajaran matematikaberkonstruksi origamiyang dapatmeningkatkan kecerdasanspasial siswa kelas VIII SMPNegeri 5 SingosariSatuAtap. Metode penelitian yang digunakanyaituClassroom Action Research (PenelitianTindakanKelas) karenapenelitianinibertujuanuntukmemperbaikipembelajaran di kelas yang dilakukan guru.Jenispenelitiantindakaninimengacupada model PenelitianTindakanKelas (PTK) yang dikembangkanoleh Lewin (2007). Secaragarisbesar penelitianberupasiklus yang terdiridariempattahap yaituperencanaan (planning) pelaksanaan (action) observasi (observations) danrefleksi (reflection).Siklusakandiulangsampaikriteriakeberhasilantercapai. Penelitianinidilaksanakan di SMPNegeri 05 SingosariSatuAtap yang beralamatkan di Dusun Sumbul DesaKlampok Kec. Singosari-Kab.Malang yang terdiri dari 20 orang siswa.Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan model alir Milles dkk (2014) yang meliputikegiatan (1) mereduksi data (2) menyajikan data dan (3) menarikkesimpulandanverifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwanilaiaktivitassiswapadasiklus II lebihbaikdarisiklus I. Nilaipadasiklus I adalah (3 15) (3 32) dan (3 32). Sedangkannilaipadasiklus II adalah (3 15) (3 36) dan (3 42). Dari data tersebutdisimpulkanbahwaaktivitassiswadalammengikutipembelajaranmatematika berkonstruksi origamiberadapadakategori BAIK sehinggamemenuhikriteriakeberhasilan.Berdasarkan hasil analisa datahasilunjukkerjasiswapada LKS diketahuibahwaskor rata-rata LKS padasiklus II adalah 81 6 (memenuhikriteriakeberhasilan). Skortersebutmenunjukkanpeningkatandariskor rata-rata LKS padasiklus I yaitusebesar 74 6. Berdasarkan hasil analisa data nilai tes akhir siswa diketahui bahwa persentaseketuntasansiswapadasiklus II sebesar80%. Persentasetersebutmenunjukkanpeningkatandaripersentaseketuntasansiklus I yang hanyamencapai35%.Berdasarkanuraian data diatas maka pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62999

Actions (login required)

View Item View Item