Pengembangan multimedia interaktif muatan IPS tema Tokoh dan Penemuan pada siswa kelas VI sekol;ah dasar / Dian Prasma Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif muatan IPS tema Tokoh dan Penemuan pada siswa kelas VI sekol;ah dasar / Dian Prasma Anggraini

Anggraini, Dian Prasma (2016) Pengembangan multimedia interaktif muatan IPS tema Tokoh dan Penemuan pada siswa kelas VI sekol;ah dasar / Dian Prasma Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Dian Prasma. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan IPS Tema Tokoh dan Penemuan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II)Prof.Dr. Punadji Setyosari M.Ed. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPS. Berdasarkan Analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara di SDN Kesatrian 1 Kota Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPS belum memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia. Sekolah memiliki fasilitas teknologi seperti komputer laptop dan LCD. Sumber belajar yang digunakan guru adalah buku siswa yang dibagi oleh pemerintah sehingga belum ada media penunjang lainnya. Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran IPS khususnya pada Tema Tokoh dan Penemuan karena keterbatasan kemampuan dan minimnya sumber belajar yang dimiliki. Tujuan pengembangan multimedia ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS Tema Tokoh dan Penemuan pada siswa kelas VI sekolah dasar yang memenuhi kelayakan. Produk multimedia interaktif ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran IPS pada Tema Tokoh dan Penemuan. Pengembangan multimedia menggunakan model pengembangan Lee Owens(2004)yang menggunakan 5 tahap pengembangan yakni (1) assesment/analysis (analisa) (2) design (desain/perancangan) (3) development (pengembangan) (4) implementation (implementasi/eksekusi) (5) evaluation (evaluasi/umpan balik). Kelayakan produk didapatkan dari hasil validasi multimedia dan uji coba. Validasi dilakukan oleh ahli media ahli materi dan praktisi. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif melalui instrument angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknis analisis rata-rata. Data kuantitatif diperoleh melalui analisis rata-rata persentase angket sesuai kategori validitas sedangkan data kulititatif diperoleh melalui komentar dan saran validator. Hasil pengembangan produk termasuk dalam kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran IPS tema Tokoh dan Penemuan. Hal ini hasil validasi multimedia interaktif yang telah dilakukan diperoleh hasil kevalidan dengan persentase 91 86% kepraktisan 96 73% kemenarikan 97 67% dan kefektifan 93 91%. Pengembangan produk multimedia interaktif pembelajaran IPS tema Tokoh dan Penemuan dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa kelas VI SDN Kesartrian 1 Kota Malang. Multimedia interaktif pembelajaran IPS tema Tokoh dan Penemuan ini dapat digunakan di tempat lain sebagai alternatif sumber belajar. Produk multimedia interaktif diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh peneliti selanjutnya sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam pengembangan multimedia pembelajaran yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62997

Actions (login required)

View Item View Item