Masrifah (2016) Peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan media langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten malang / Masrifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Masrifah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Media Langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si. Kata Kunci pembelajaran tematik media langsung hasil belajar anak. Pembelajaran tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan media langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang dan (2) meningkatkan hasil belajar anak untuk enam lingkup perkembangan dengan menggunakan media langsung di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini pengumpulan data dilakukan oleh guru sebagai peneliti dan satu teman kolaboratif selama proses pelaksanaan tindakan yang meliputi data proses dan data hasil pembelajaran. Data-data pada proses pembelajaran berupa data perencanaan dan data pelaksanaan pembelajaran sedangkan untuk data pada hasil pembelajaran adalah dokumentasi hasil belajar anak. Pengumpulan data melalui observasi catatan harian dan dokumentasi hasil kegiatan anak. Penelitian ini dilakukan menelaah semua data yang sudah dikumpulkan mereduksi data dan menyimpulkan dan memferifikasi untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran tematik terpadu dilakukan melalui beberapa fase atau tahapan sehingga dapat memberikan kemudahan bagi anak dalam memahami dan mendalami konsep materi yang tergabung dalam tema serta dapat menambah semangat belajar anak dengan demikian anak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai dengan tahapan yang ditentukan oleh guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata pada kegiatan awal sebanyak 90 69% kegiatan inti sebanyak 86 30% dan kegiatan penutup sebanyak 89 53%. Meningkat pada siklus II skor rata-rata kegiatan awal sebanyak 96 47% kegiatan inti sebanyak 98 10% dan kegiatan penutup sebanyak 98 78%. Penerapan pembelajaran tematik terpadu juga meningkatkan hasil belajarn anak dalam 6 lingkup perkembangan dengan skror rata-rata pada siklus I 93 06% dengan kriteria penilaian BSB (berkembang sangat baik) kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan media langsung dapat meningkatkan aktivitas belajar anak dan hasil belajar anak untuk enam lingkup perkembangan di TK Negeri Pembina Bululawang Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62996 |
Actions (login required)
View Item |