Penerapan model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada kelas VI SDN Margomulyo 02 Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016) / Erika Puspitasari

Puspitasari, Erika (2016) Penerapan model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS (studi pada kelas VI SDN Margomulyo 02 Kabupaten Blitar tahun ajaran 2015/2016) / Erika Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari, Erika. 2016. Penerapan Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Kelas VI SDN Margomulyo 02 Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed, (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd. Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Motivasi, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi menunjukkan beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPS yaitu (1) siswa sulit memahami materi yang diberikan karena dalam pembelajaran IPS lebih banyak hafalan terutama berkaitan dengan sejarah, (2) metode yang digunakan guru yaitu ceramah dan tanya jawab, kurang melibatkan siswa, dan guru masih mendominasi dalam pembelajaran. Yang mengakibatkan siswa cenderung pasif, (3) kurangnya strategi yang efektif yang digunakan dalam pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran dan motivasi siswa dalam belajar cenderung rendah, (4) rendahnya hasil belajar siswa hanya 3 siswa (30%) yang tuntas belajar dan 7 siswa (70%) mendapatka nilai di bawah KKM yaitu 75. Maka diperlukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 5 tahap meliputi identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, melaksanakan tindakan berdasarkan data, dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) dalam pelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata peningkatan motivasi belajar siklus I mencapai 75%. siklus II mencapai sebesar 86% sehingga mengalami peningkatan sebesar 11%. Hasil belajar siswa yang diperoleh sudah semakin meningkat dan sangat baik. Hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata 75 siklus II menjadi 86. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) dalam pelajaran IPS terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Agar pelaksanaan pembelajaran lebih baik lagi disarankan bagi guru dalam menerapkan model Think Pair Share (TPS) lebih membimbing siswa saat kerja kelompok karena masih terdapat siswa yang kurang bekerja sama saat diskusi, untuk itu guru dapat memperbaiki dengan menasehati dan lebih memantau hasil kerja setiap kelompok sehingga diskusi dapat berjalan dengan baik. Penerapan model Think Pair Share (TPS) dapat dijadikan salah satu strategi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62995

Actions (login required)

View Item View Item