Mardiah, Ainun (2016) Pengembangan modul membaca intensif materi cerita petualanagan berbasis saintifik siswa kelas IV SDN Sumber Suko II Dampit / Ainun Mardiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mardiah Ainun 2016. Pengembangan Modul Membaca Intensif Materi Cerita Petualangan Berbasis Saintifik Untuk Siswa Kelas IV SDN Sumber Suko II Dampit Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata kunci Modul Membaca Intensif Cerita Petualangan Saintifik Membaca merupakan jendela dunia dengan membaca maka pengetahuan baru akan dengan mudah diterima. Membaca juga proses seseorang dalam merekonstruksi sebuah pesan. Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan ditemukan (1) pembelajaran masih bersifat konvensional (2) guru belum pernah mengembangkan bahan ajar untuk pembelajaran membaca intensif (3) buku pendukung untuk siswa masih terbatas Lembar Kerja Siswa dari pemerintah dan (4) siswa lebih tertarik dengan pembelajaran di luar kelas dan menggunakan buku yang penuh warna. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dicarikan solusi pemecahan masalah yaitu dengan mengembangkan bahan ajar berupa modul untuk membaca intensif menggunakan saintifik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi (1) analisis kebutuhan dan analisis karakteristik siswa (2) mendesain tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran yang akan dimuat dalam modul (3)mengembangkan tujuan pembelajaran strategi pembelajaran menjadi sebuah pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (4) melaksanakan atau mengimplementasikan modul yang telah dikembangkan dan (5) melakukan evaluasi formatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan sebagai berikut. Pertama hasil validasi ahli materi berdasarkan komponen strategi pembelajaran tergolong cukup layak (62 5%) proses pembelajaran 69 4% kategori cukup layak. Kedua hasil validasi ahli bahan ajar berdasarkan komponen tampilan produk tergolong kategori sangat layak (94 4%) isi produk (87 5%) kategori sangat layak kesesuaian bahan ajar dengan kurikulum (100%) kategori sangat layak kebahasaan (85%) kategori layak. Ketiga hasil validasi praktisi (guru) berdasarkan komponen efektifitas dan efisiensi bahan ajar (100%) kategori sangat layak sistematika penulisan bahan ajar (100%) kategori sangat layak dan kebahasaan (100%) kategori sangat layak. Keempat hasil uji lapangan modul membaca intensif materi cerita petualangan berbasis saintifik tergolong layak. Dari hasil uji coba yang dilaksanakan maka disarankan untuk menggunakan modul membaca intensif materi cerita petualangan berbasis saintifik untuk pelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca intensif. Jika ingin dilakukan di sekolah lainnya sebaiknya dilakukan analisis karakteristik siswa dan kebutuhan sekolah sesuai dengan konteks pembelajaran di sekolah dasar tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62993 |
Actions (login required)
View Item |