Analisis keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik SMP Kelas VIII melalui model pembelajaran level of inquiry pada level inquiry lesson berbantuan asesmen autentik / Amelia Dwi Puji Istiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik SMP Kelas VIII melalui model pembelajaran level of inquiry pada level inquiry lesson berbantuan asesmen autentik / Amelia Dwi Puji Istiyana

Istiyana, Amelia Dwi Puji (2016) Analisis keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis IPA peserta didik SMP Kelas VIII melalui model pembelajaran level of inquiry pada level inquiry lesson berbantuan asesmen autentik / Amelia Dwi Puji Istiyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiyana Amelia Dwi Puji. 2016. Analisis Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Peserta Didik SMP Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Level of Inquiry Pada Level Inquiry Lesson Berbantuan Asesmen Autentik. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. Kata Kunci keterampilan proses sains kemampuan berpikir kritis IPA level of inquiry Pembelajaran IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis sehingga IPA bukan hanya peguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses. Melalui model pembelajaran level of inquiry level inquiry lesson dapat ditekankan pengalaman belajar guna pengembangan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Level of inquiry merupakan model pembelajaran dengan pendekatan hirarki berdasarkan spektrum inkuiri. Salah satu instrumen yang dapat membantu guru dalam menilai keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran inkuiri adalah dengan menggunakan asesmen autentik. Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan indera penglihatan dan alat optik melalui pembelajaran model level of inquiry berbantuan asesmen autentik. Penelitian ini menggunakanmixed methodembedded experimental designdengan subyek penelitian kelas VIIIA sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian meliputi silabus RPP LKPD instrumen pelaksanaan pembelajaran instrumen lembar observasi keterampilan proses sains soal tes tulis lembar tes kinerja angket pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan data keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis. Data kuantitatif hasil keterampilan proses sains dianalisis dengan menghitung skor yang diperoleh selama proses pembelajaran nilai tes tulis dan nilai tes kinerja yang dianalisis dengan menghitung rata-ratanya. Kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan uji-t berpasangan N-Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterampilan proses sains meliputi rudimentary skills basic skills intermediate skills terbentuk sesuai dengan proses pembelajaran pada tiap-tiap pertemuan setelah dilakukan pembelajaran model level of inquiry dengan rata-rata keterampilan proses sains yang terbentuk selama pembelajaran sebesar 80% dengan kriteria baik 2) terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0 6 dengan sumbangan efek (effect size) yang diberikan sebesar 1 45. Respon peserta didik terhadap pembelajaran IPA dengan model level of inquiry level inquiry lesson sangat positif dengan rerata skor 90 7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model level of inquiry level inquiry lesson dapat mengembangkan keterampilan proses sains dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62986

Actions (login required)

View Item View Item