Amalia, Suci (2016) Pengembangan LKS Tematik berbantuan komik kontekstual subtema "Keindahan Alam Negeriku" kelas IV SDN Dadaprejo 01 Batu / Suci Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amalia.S. 2016.Pengembangan LKS TematikBerbantuanKomikKontekstualSubtema KeindahanAlamNegeriku Kelas IV SDN Dadaprejo 01.Tesis. Program StudiPendidikanDasar Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Prof. Dr. HeriSuwignyo M.Pd Kata kunci pengembangan LKS tematik komik pembelajarankontekstual Inovasidalampembelajarandenganmengembangkan LKS tematikberbantuankomikkontekstual.Karenapembelajaranmelalui media cetakmerupakansalahsatuupaya guru untukmemudahkansiswabelajar. Tujuandaripenelitianini pertamamenghasilkanprodukberupa LKS tematikberbantuankomikberbasiskontekstualuntuksubtem KeindahanAlamNegeriku kelas IV di SDN Dadaprejo 01 Batu.Keduadenganhasilproduk LKS tersebutdiharapkandapatmeningkatkankemenarikan kepraktisandankeefektifanpembelajarantematik di SDN Dadaprejo 01 Batu. Penelitianinimenggunakan model penelitian R n D denganmenggunakandesainpengembangan Borg and Gall yang terdiridari 9 tahapanpengembangan. Proses pengembanganmeliputi perencanaan mengembangkanprodukawal evaluasiprodukolehparaahli (satuahlimateridansatuahli media) revisiproduk I kegiatanujicobakelompokkecil yang dilakukandenganmelibatkan 6 subjek revisiproduk II kegiatanujicobakelompokbesar (ujilapangan) denganmenggunakan 20 subjek hasilprodukakhirberupa LKS tematikberbantuankomikkontekstualsubtema KeindahanAlamNegeriku untuksiswa SD kelas IV. Setelahdikonversikandengantingkatvaliditas ahli media menilaibahwa LKS initermasukdalamkriteria valid sedangkanmenurutpenilaianahlimateri LKS initermasukdalamkriterisangat valid. Dari hasilpre-testdanpost-test kelas yang menggunakan LKS tematikberbantuankomikberbasiskontekstuallebihbesarpersentasenya yakni 84% dibandingdengankelas yang tidakmenggunakan LKS tematikberbantuankomikberbasiskontekstual yaknisebesar 72 36%. Setelahmelakukanpengamatanulangmelaluiuji t-tesdenganmenggunakantarafsiginifikan. Data yang diperolehsignifikannya 0 00 0 05 sehingga data termasuksignifikandandapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaannilaiantarakelas yang menggunakan LKS tematikberbantuankomikkontektualsubtema keindahanalamnegeriku kelas IV SD dengankelas yang tidakmenggunakan LKS tematikberbantuankomikberbasiskontektualsubtema keindahanalamnegeriku kelas IV SD. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62983 |
Actions (login required)
View Item |