Pengembangan media monopoli pada pembelajaran IPS materi mengenal Sejarah Uang di kelas III SDI Sunan Drajat Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Umi Salamatus Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli pada pembelajaran IPS materi mengenal Sejarah Uang di kelas III SDI Sunan Drajat Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Umi Salamatus Zahro

Zahro, Umi Salamatus (2016) Pengembangan media monopoli pada pembelajaran IPS materi mengenal Sejarah Uang di kelas III SDI Sunan Drajat Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan / Umi Salamatus Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahro Umi Salamatus 2016. Pengembangan Media Monopoli pada Pembelajaran IPS Materi Mengenal Sejarah Uang di Kelas III SDI Sunan Drajat Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumanto M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata kunci pengembangan media monopoli mengenal sejarah uang IPS SD. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IIIa dan IIIb SDI Sunan Drajat dalam IPS guru sudah berupaya menggunakan media berupa gambar tetapi belum bisa mengaktifkan siswa. Media berperan penting bagi pembelajaran karena dapat membantu menyampaikan materi pembelajaran. Guru mengalami kesulitan dalam menyediakan media yang dapat menciptakan interaksi antar siswa maupun dengan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bermaksud mengembangkan media monopoli yang bisa digunakan guru dan diterapkan secara langsung dalam pembelajaran yang terpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan produk media monopoli materi mengenal sejarah uang di kelas III SD yang valid menurut ahli media (2) valid menurut ahli materi (3) valid berdasarkan uji lapangan (4) memiliki terapan menurut pengguna. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall. Tahapan penelitian ini (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perancangan dan pembuatan produk awal (3) validasi ahli (4) revisi hasil validasi (5) uji coba produk (6) revisi akhir hasil uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket observasi dan wawancara. Adapun analisis data didapatkan dari hasil validasi ahli media ahli materi dan ahli pengguna. Hasil penelitian berupa seperangkat media monopoli yang didalamnya terdapat alat pelengkap alat permainan berupa dana umum kesempatan kartu hak milik 1 buah dadu dan 5 buah pion. Berdasarkan validasi yang dilakukan menurut ahli materi dengan persentase total 87 5% kualifikasi sangat valid ahli media dengan persentase total 88 06% kualifikasi sangat valid hasil validasi ahli pengguna diperoleh persentase total 96 09% serta uji coba lapangan diperoleh hasil 94 39% sehingga dikatakan valid dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media monopoli materi mengenal sejarah uang untuk kelas III SD dikatakan valid dan layak sehingga dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mengenal sejarah uang. Saran yang diberikan yaitu (1) media sebaiknya diuji cobakan dengan skala lebih luas (2) dapat digunakan sebagai alternatif media tanpa meninggalkan belajar menggunakan benda asli berupa uang kuno (3) bisa dikembangkan untuk materi pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6298

Actions (login required)

View Item View Item