Pengembangan buku teks tematik berbasis kontekstual subtema 'Keunikan daerah Tempat Tinggalku' untuk kelas IV Sekol;ah dasar di Sidoarjo / Firdaus Su'udiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks tematik berbasis kontekstual subtema 'Keunikan daerah Tempat Tinggalku' untuk kelas IV Sekol;ah dasar di Sidoarjo / Firdaus Su'udiah

Su'udiah, Firdaus (2016) Pengembangan buku teks tematik berbasis kontekstual subtema 'Keunikan daerah Tempat Tinggalku' untuk kelas IV Sekol;ah dasar di Sidoarjo / Firdaus Su'udiah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Su udiah Firdaus. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Untuk Kelas IV Sekolah Dasar di Sidoarjo.Tesis Program StudiPendidikanDasar Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd(II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci pengembangan buku teks tematik kontekstual Berdasarkanhasilobservasiawal yang dilakukanpenelitidikelasIV SDN Pangkemiri I Sidoarjo ditemukanfaktabahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran belum kontekstual dengan karakteristik dan lingkungan siswa. Buku teks pelajaran yang digunakan masih bersifat sangat umum dan belum memanfaatkan potensi/keunikan daerah setempat sementara guru juga belum maksimal dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan lingkungan sekitar siswa. Selain itu tampilan dan isi buku teks kurang menarikkarenahanyasedikitmemuatgambar-gambarkonkret yang ada di sekitarsiswasehinggasiswamengalamikebosanan. Penelitianinibertujuanuntuk (1) menghasilkan produk buku teks tematik berbasis kontekstual yang sesuai dengan karakteristik dan lingkungan siswa dan (2) menguji kevalidan kemenarikan kepraktisan serta keefektifan produk yang dikembangkan. Penelitianinimenggunakanmodel penelitian dan pengembangan Borg Gall.Langkah yang dilakukan hanya langkah pertama sampai langkah ke sembilan. Penelitian ini tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi. Pengumpulan data menggunakanteknik (1)observasi (2) tes dan(3)dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu (1) lembarobservasi (2) soaluji kompetensi dan (2) dokumen. Penelitiandan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan produk berupa buku teks tematik berbasis kontekstual yang sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkanbahwabuku teks tematik berbasis kontekstual yang dikembangkan tergolong valid menarik praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitian kevalidan buku teks mencapai 86 93 % kemenarikan sebesar 89% kepraktisan sebesar 93 28 % dan keefektifan sebesar 87 77 denganpersentaseketuntasan 93 33 %.Selainitu rata-rata aktivitasbelajarsiswayaitu 86 95dengankriteriasangataktif. Berdasarkanhasilanalisis data dapatdisimpulkan bahwabuku teks tematik berbasis kontekstual yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran.Olehkarenaitu disarankankepada guru untukmenggunakanbuku teks tematik berbasis kontekstual sebagai buku penunjang dalam pembelajaran. Guru dapat menjadikan buku teks ini menjadi contoh/acuan untuk mengembangkan buku teks pada tema atau subtema lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62975

Actions (login required)

View Item View Item