Penerapan model problem posing berbantuan smart card untuk meningkatakan keterampilan bertanya IPS siswa SD / Noer Intan Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem posing berbantuan smart card untuk meningkatakan keterampilan bertanya IPS siswa SD / Noer Intan Novitasari

Novitasari, Noer Intan (2016) Penerapan model problem posing berbantuan smart card untuk meningkatakan keterampilan bertanya IPS siswa SD / Noer Intan Novitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari Noer Intan. 2016. Penerapan Model Problem Posing Berbantuan Smart Card untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya IPS Siswa Kelas IV SDN Tunjungsekar 5 Malang. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed (II) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si Kata Kunci Model Problem Posing berbantuan Smart Card Keterampilan Bertanya IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya IPS siswa kelas IV SDN Tunjungsekar 5 Kota Malang melalui penerapan model pembelajaran problem posing berbantuan smart card. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap silklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV A tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Data tentang keterampilan bertanya IPS siswa dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunaan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan observasi dan wawancara menunjukkan bahwa penerapan model problem posing berbantuan smart card dapat meningkatkan keterampilan bertanya IPS siswa pada sub aspek kemampuan dasar bertanya kemampuan bertanya tingkat rendah sedang dan tinggi. pada siklus I keterampilan bertanya IPS siswa diperoleh hasil sebesar 63% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model problem posing berbantuan smart card siswa tidak hanya dapat menyusun pertanyaan pada tingkatan mengingat saja (kemampuan berpikir tingkat rendah) tetapi siswa dapat menyusun pertanyaan pada tahap evaluasi dan mencipta (kemampuan berpikir tingkat tinggi).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62971

Actions (login required)

View Item View Item