Suaidy, Haris (2016) Peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA di SD dalam pokok bahasan benda dan sifatnya melalui pembelajaran inkuiri (studi pada siswa kelas III-A SDN Pangarangan III Kabupaten Sumenep-Madura) / Haris Suaidy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suaidy Haris. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran IPA di SD dalam Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya melalui Pembelajaran Inkuiri. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si Kata kunci Keterampilan Proses Sains Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran Inkuiri Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pembelajaran inkuiri dan peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar melalui pembelajaran inkuiri. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Pangarangan III Sumenep pada tahun akademik 2015/2016. Data tentang keterampilan proses sains siswa dikumpulkan melalui observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa. Pada siklus pertama keterampilan proses sains siswa mencapai 71 29% dan mengalami peningkatan siklus II mencapai 91 20%. Hasil belajar pada siklus pertama mencapai 74 21% dan mengalami peningkatan siklus II mencapai 81 15%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62969 |
Actions (login required)
View Item |