Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV A di SDN Cicadas Kota Sukabumi / Ujang Yudi Karta Sasmita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV A di SDN Cicadas Kota Sukabumi / Ujang Yudi Karta Sasmita

Sasmita, Ujang Yudi Karta (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV A di SDN Cicadas Kota Sukabumi / Ujang Yudi Karta Sasmita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasmita Ujang Yudi Karta. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Kartu Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IVA di SDN Cicadas Kota Sukabumi. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd (II) Prof. Dr. Ruminiati M. Si. Kata Kunci model TSTS aktivitas belajar hasil belajar Hasil observasi yang dilaksanakan pada pembelajaran IPS di kelas IVA menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran siswa hanya mendengarkan ceramah pembelajaran masih berpusat pada guru pembelajaran belum menggunakan model yang mendorong siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Selama kegiatan pembelajaran siswa cenderung pasif karena jenuh dengan suasana pembelajaran materi pembelajaran IPS lebih banyak dengan hafalan tidak terjadi aktivitas belajar siswa yang aktif dan menyenangkan siswa cenderung hanya menerima materi dari guru saja. Hasil belajar pada ulangan harian IPS materi sumber daya alam semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran IPS Kelas IVA masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Dari 37 siswa hanya 18 orang yang mencapai KKM 48 64% sedangkan sisanya yaitu sebanyak 19 siswa belum mencapai KKM 51 36%. Berdasarkan uraian di atas masalah utama yang perlu mendapat perhatian adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar agar terjadi suasana belajar siswa yang aktif dan menyenangkan sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IVA SDN Cicadas Kota Sukabumi yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dokumentasi tes wawancara dan angket respon siswa. Tahapan alur pada penelitian ini meliputi perencanaan pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Data hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada Siklus I memperoleh rata-rata 72 79% meningkat pada Siklus II yang mencapai rata-rata 87 50% 2) aktivitas belajar siswa pada Siklus I memperoleh rata-rata 71 17 meningkat pada Siklus II mencapai 86 04 3) ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada Siklus I memperoleh 70 27% meningkat pada Siklus II yang mencapai 86 48% sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa pada siklus I memperoleh 62 16% meningkat pada Siklus II yang mencapai 89 19% ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa pada Siklus I memperoleh 70 27% meningkat pada Siklus II yang mencapai 89 59% 4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar data perolehan persentase pada Siklus I 82 97% siswa menjawab sangat setuju sedangkan pada Siklus II menunjukkan bahwa 85 94% siswa menjawab sangat setuju. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan kartu gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Mendorong terciptanya suasana pembelajaran yang menantang dan menyenangkan siswa dalam memahami materi pembelajaran semakin baik serta siswa dalam belajar menjadi bersemangat sehingga hasil belajar meningkat. Interaksi selama proses pembelajaran antara siswa dengan siswa antara siswa dengan guru maupun interaksi antara siswa dengan sumber belajar dapat terjalin dengan baik sehingga pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62967

Actions (login required)

View Item View Item