Hedyanti, Widya Novia (2016) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar IPS siswa (studi pada siswa kelas IV, V, VI Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang) / Widya Novia Hedyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hedyanti Widya Novia. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci Pola Asuh Motivasi Prestasi Belajar. Keluarga memiliki kontribusi yang sangat penting terhadap dunia pendidikan karena keluarga merupakan orang yang pertama dan utama dalam dunia pendidikan awal anak dan kelanjutan pendidikan anak. Pengasuhan yang tepat akan memberikan motivasi pada anak untuk mendapatkan prestasi belajar yang optimal khususnya prestasi belajar dalam bidang IPS. Mata pelajaran IPS di Gugus 2 Kecamatan Ngantang merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai nilai yang rendah. Tahun 2013 nilai rata-rata pelajaran IPS adalah 70 95 sedangkan pada tahun 2014 menjadi 67 85 sehingga mengalami penurunan sebesar 4 2 % (sumber data nilai IPS SDN Gugus 2 Kecamatan Ngantang). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar 2) untuk mengetahui pengaruh langsung pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar 3) untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa 4) untuk mengetahui pengaruh tidak langsung pola asuh orang tua terhadap motivasi dan prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Sampel yang digunakan berjumlah 123 siswa di lima sekolah yang tergabung dalam Gugus 2 Kecamatan Ngantang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai instrumen dari variabel pola asuh orang tua dan motivasi belajar sedangkan hasil belajar diambil dari nilai ulangan harian yang dirata-rata. Hasil dari angket akan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan alat bantu statistic SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar anak 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa 4) Terdapat pengaruh tidak langsung antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Berdasarkan kesimpulan dari kajian di atas terdapat saran kepada guru yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS sebaiknya menggunakan pembelajaran yang aktif inovatif kreatif dan menyenangkan serta guru harus lebih berperan aktif dalam memotivasi siswa agar siswa tidak merasa bosan. Sehingga prestasi belajar IPS siswa akan lebih optimal. Melalui kerja sama sekolah orang tua sebaiknya meningkatkan perhatiannya dalam mengasuh putera-puterinya agar mereka semakin termotivasi untuk belajar dan pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62958 |
Actions (login required)
View Item |