Berek, Fransiskus Xaverius (2016) Dampak strategi Predict-Observe-Explain (POE) terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa SMP pada topik Tekanan Hidrostatis dan Prinsi[p Archimedes / Fransiskus Zaverius Berek. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Berek Fransiskus 2016.DampakStrategi Predict-Observe-Explain (POE) terhadapPeningkatanPemahamanKonsepSiswa SMP padaTopikTekananHidrostatisdanPrinsip Archimedes. Tesis Program StudiPendidikanDasar IPA PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Sutopo M.Si. (2) Dr. Munzil S.Pd. M.Si Kata Kunci strategi POE pemahamankonsep tekananhidrostatis prinsip Archimedes Padapenelitianinitelahditerapkanpembelajarantopiktekananhidrostatisdanprinsip Archimedes denganmenggunakanstrategi POE.Kajiandifokuskanuntuk (1) mengetahuibagaimana proses pembelajaran (2)mengetahui miskonsepsi apa saja yang terungkap selama pembelajaran (jika ada) danbagaimana pembelajaran tersebut dapat mengatasinya (3) mengetahuibagaimanapeningkatanpemahamankonsepsiswa dan (4)mengetahui kesulitan apa yang umum dialami siswa dan belum teratasi melalui pembelajaranini (jikaada). Metodepenelitianmenggunakanmixed methoddesainembedded experimental dimana data kualitatifdigunakansebagaipendukung data kuantitatif. Analisis data kuantitatifdidasarkanpadaskorpretesdanpostes.Sedangkananalisiskualitatifdidasarkanpadaalasanjawabansiswapadasaatpretesdanpostes jugafenomena-fenomenabelajar yang munculselamapembelajaran.Subjek penelitian terdiri atas 31 siswa SMPSwastaMater InviolataLarantuka Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur pada semester genap tahun akademik 2015/ 2016.Instrumen yang digunakanadalah 9 butirsoalpilihanganda yang mengharuskansiswamemberikanalasanketikamemilihjawabannya. Penelitianmenyimpulkanhal-halberikut.(1) Rata-rata skor pemahaman konsep siswa meningkat secara signifikan (p 0.000) dari pretes (36 77) ke postes (63 26) dengan d-effect size pada kategori kuat (1 62) dan N-gain pada kategori sedang (0 40). (2) Pembelajaran juga berhasil mengidentifikasi beberapa miskonsepsi sekaligus meremediasinya antara lain (a) besarnya tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh volume zat cair dan/atau bentuk wadah (b) benda terapung karena ada udara dalam benda (c) benda yang tenggelam tidak mengalami gaya apung dan (d) besarnya gaya apung sebanding dengan dengan volume zat cair. (3) Beberapa kesulitan yang umum dialami siswa antara lain (a) terkait representasi matematis tekanan hidrostatis Ph P0 961 gh sebagian besar siswa memaknai h sebagai kedalaman yang diukur dari dasar bejana. (b) terkait gaya apung kesulitan siswa bergantung pada konteks di mana soal diberikan. Pada konteks benda diam di dalam suatu zat cair sebagian besar siswa belum mampu membandingkan besarnya gaya apung yang dialami benda tersebut dengan berat bendanya. Pada konteks benda meluncur dalam suatu zat cair hampir semua siswa mengalami kesulitan dalam menjelaskan pengaruh posisi benda terhadap besarnya gaya apung yang dialaminya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62957 |
Actions (login required)
View Item |