Maharani, Lidya Trie (2016) Penerapan metode penemuan terbimbing dengan scaffolding untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Polehan 1 Kota Malang / Lidya Trie Maharani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maharani LidyaTrie.2016. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Polehan 1 Kota Malang.Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. CholisSa dijah M.Pd M.A (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci Metode penemuan terbimbing scaffolding motivasi belajar hasil belajar Penelitian ini berlatar belakang adanya motivasi dan hasil belajar matematika tentang luas permukaan dan volume bangun ruang di kelas 5 SDN Polehan 1 masih relatif rendah.Disamping pembelajaran masih didominasi oleh guru guru sebagai sumber belajar menyampaikan seluruh konsep belajar kepada siswa secara langsung.Siswa sebagai subyek belajar tidak dilibatkan dalam menemukan suatu konsep pembelajaran matematika. Selain itu siswa masih kurang aktif kurang bersemangat serta cepat jenuh dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Polehan 1 Kota Malang melalui pembelajaran yang menerapkan metode penemuan terbimbing dengan scaffolding yang ditandai dengan terjadi peningkatan perhatian percaya diri dan keaktifan siswa dan pemahaman terhadap luas permukaan dan volume bangun ruang meningkat. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaborasi. Penelitiberkolaborasi dengan Bapak YudaHardianto S.Pd selaku guru kelas 5 SDN Polehan 1 mulai tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.Setiap siklus terdapat dua kali pembelajaran dan satu kali evaluasi akhir.Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Polehan 1 Kota Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 26 siswa.Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas siswa lembar observasi motivasi belajar siswa catatan lapangan pedoman wawancara dan lembar soal evaluasi akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dengan scaffolding dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kelas 5 SDN Polehan 1 Kota Malang. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa ditandai dengan meningkatnya (1) perhatian siswa dalam pembelajaran (2) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran (3) meningkatnya rasa percaya diri siswa (4) kepuasan siswa dalam proses pembelajaran dan (5) pemahaman siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil evaluasi akhir. Selain itu penerapan metode penemuan terbimbing dengan scaffolding di kelas 5 SDN Polehan 1 Kota Malang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang ditandai dengan adanya (1) pembelajaran berpusat pada siswa (2) interaksi pembelajaran multiarah serta (3) suasana pembelajaran menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62956 |
Actions (login required)
View Item |