Pengembangan media box mengenal bilangan dan operasinya bagi siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang / Martini Dwi Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media box mengenal bilangan dan operasinya bagi siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang / Martini Dwi Purnama

Purnama, Martini Dwi (2016) Pengembangan media box mengenal bilangan dan operasinya bagi siswa kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang / Martini Dwi Purnama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnama Martini Dwi. 2016. Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 SDN Gadang 1Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd.MA Kata Kunci Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Pembelajaran matematika yang dilakukan di Sekolah Dasar terutama di kelas satu hendaknya disesuaikan dengan karakteristik siswa. Siswa kelas 1 SD menurut teori piaget memasuki tahap berpikir operasional konkret. Pada tahap ini siswa belum bisa memahami benda-benda yang bersifat abstrak oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Gadang 1 ditemukan bahwa ketersediaan media pembelajaran matematika khususnya pada materi bilangan dan operasinya yang dilengkapi dengan permainan masih sangat minim. Salah satu pemecahan masalah untuk mengatasi ketersediaan media pembelajaran matematika adalah mengembangkan media puzzle dan ular tangga yang dimasukkan dalam ke dalam kotak dengan dilengkapi dengan permainan. Media tersebut dinamakan box karena memodifikasi dua permainan yang yang mengacu pada tahapan penanaman konsep dienes. Media box mengenal bilangan dan operasinya ini dapat menjadi pilihan media oleh guru untuk mengatasi ketersediaan media pembelajaran matematika yang dapat mengaktifkan dan sesuai dengan perkembangan anak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (four D Model) oleh Thiagarajan dan Semmel yang telah dimodifikasi oleh Hobri menjadi tiga tahap. Model rancangan terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define) perencanaan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (diseminate). Tahap pendefinisian (define) terdiri dari analisi ujung depan analisis siswa analisis tugas analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) terdiri dari penyusunan tes pemilian media pemilihan format perancangan awal dan penilaian ahli apakah media tersebut valid. Tahap pengembangan terdiri dari uji coba kelompok kecil uji coba lapangan analisis uji coba revisi produk dan menghasilkan produk akhir. Uji coba di lakukan di kelas 1 pada SDN Gadang 1 dengan jumlah siswa 30 siswa 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Hasil validasi ahli berdasarkan validator media pembelajaran dan materi sebesar 85 3% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan uji kepraktisan media dan kemenarikan media oleh observer dan penggunan yaitu guru kelas satu sebesar 92 2% dengan kategori sangat praktis dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan keefektifan produk yang didapatkan pada akhir penggunaan media melalui evaluasi siswa mencapai 83 3% mencapai ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah. Maka media box mengenal bilangan dan operasinya yang dikembangkan dapat dikatakan valid praktis menarik dan efektif sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62955

Actions (login required)

View Item View Item