Puspitasari, Evi (2016) Penerapan model coopearative learning tipe fan pick menggunakan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SDN Selacau Bandung Barat / Evi Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Evi. 2016. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Fan N Pick Menggunakan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SDN Selacau Bandung Barat. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ach. Amirudin M.Pd (2) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. Kata Kunci Model Cooperative Learning Fan N Pick Hasil Belajar IPS. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Berdasarkan hasil pengamatan pada pra tindakan bahwa pembelajaran IPS di SDN Selacau masih berpusat pada guru (teacher center) dan kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa yang telah ditentukan dengan adanya kriteria ketuntasan minimal belum tercapai. Selain itu media pembelajaran kurang dapat dimanfaatkan oleh guru. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model cooperative learning tipe Fan N Pick menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model cooperative learning tipe Fan N Pick menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap identifikasi masalah merancang pembelajaran pengumpulan data melakukan analisis membuat keputusan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdapat empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Selacau Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian berupa RPP lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa kartu soal Fan N Pick lembar evaluasi catatan lapangan dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui model cooperative learning tipe Fan N Pick menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar tersebut pada siklus I secara klasikal ketuntasan mencapai 63% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II mencapai 87 5% dengan kriteria sangat baik dengan persentase peningkatan sekitar 24 5%. Model kooperatif tipe Fan N Pick pada pembelajaran IPS menekankan siswa untuk saling bertukar informasi menkonstruk pengetahuan dan mengajarkan sesuatu kepada orang lain sehingga siswa lebih banyak memahami materi. Selain itu model pembelajaran kooperatif tipe Fan N Pick dapat menumbuh kembangkan rasa percaya diri pada masing-masing siswa karena dapat berinteraksi dalam internal kelompok secara optimal sehingga tidak menimbulkan diskriminasi dari segi akademis. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan siswa SD. Media audio visual dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam pemilihan media pembelajaran karena dapat mengembangkan fungsi alat indra pendengaran dan penglihatan. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah kepada guru mampu menguasai sintaks model pembelajaran kooperatif tipe Fan N Pick. Model kooperatif tipe Fan N Pick dapat digunakan oleh guru pada mata pelajaran lain. Guru dapat memanfaatkan media pembelajaran yang terdapat di sekolah dan menggunakannya dalam pembelajaran untuk membantu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Bagi kepala sekolah disarankan agar mengadakan program pelatihan bagi guru untuk membahas dan mengkaji model-model pembelajaran supaya pengetahuan dan pemahaman guru terhadap model-model pembelajaran bertambah sehingga dalam melaksanakan pembelajaran dapat menggunakan model yang bervariasi. Bagi siswa disarankan dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan sintaks model kooperatif tipe Fan N Pick secara benar sesuai perannya dalam kelompok supaya manfaat dalam pembelajaran dapat dirasakan untuk meningkatkan pemahaman serta keberanian siswa mengajukan pertanyaan menjawab pertanyaan menyampaikan pendapat dan memberikan tanggapan terhadap jawaban atau pendapat yang disampaikan siswa lain. Bagi peneliti selanjutnya untuk meminimalisir terjadinya keributan dalam kerja kelompok guru sebaiknya menentukan peran anggota kelompok sebagai siswa pertama selanjutnya siswa dapat melanjutkan penentuan peran sebagai siswa kedua ketiga dan keempat berputar se arah jarum jam dari posisi siswa pertama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62954 |
Actions (login required)
View Item |