Asmain (2016) Penerapan model pembelajaran ABC (Anticipation, Building Knowledge and Consolidation) pada materi jarak, waktu dan kecepatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar) / Asmain. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asmain 2016. Penerapan model pembelajaran ABC (Anticipation Building Knowledge and Consolidation) pada materi jarak waktu dan kecepatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha Kota Makassar. Pembimbing (1) Dr. Subanji. M.Si. (2) Dr. Syamsul Hadi M.Pd M.Ed Kata Kunci Model Pembelajaran ABC Kemampuan Berpikir Kritis Model pembelajaran ABC (Antcipation Building Knowledge and Consolidation) memiliki peranan penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki proses belajar yang masih berpusat pada guru sistem evaluasi dan soal yang masih normatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui kegiatan mengidentifikasi masalah membangun pengetahuan memecahkan masalah dan membuat kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar yang berjumlah 36 orang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ABC pada materi jarak waktu dan kecepatan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar. Hal ini merujuk pada hasil belajar yang diperoleh siswa yang sudah mencapai KKM baik secara klasikal maupun secara individu selain itu siswa juga sudah mampu mengidentifikasi mengajukan pertanyaan memecahkan masalah dan membuat kesimpulan mengenai materi. Hasil keterlaksanaan model pembelajaran ABC untuk kemampuan berpikir kritis pada Siklus I sebesar 62% dan Siklus II sebesar 70%. Sementara untuk hasil uji kemampuan berpikir kritis yang dilakukan di setiap akhir siklus pada Siklus I sebesar 46% dan Siklus II sebesar 75%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ABC pada materi jarak waktu dan kecepatan di kelas V SD Negeri Kapota Yudha Makassar telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62948 |
Actions (login required)
View Item |