Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN One Melangka Kab. Wakatobi Prop. Sultra) / Irman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN One Melangka Kab. Wakatobi Prop. Sultra) / Irman

Irman (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media audio visual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas IV SDN One Melangka Kab. Wakatobi Prop. Sultra) / Irman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irman. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas IV SDN One Melangka Kab.Wakatobi Prov. Sultra). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (2) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Kata Kunci jigsaw audio visual aktivitas hasil belajar IPS Berdasarkan hasil observasi awal di SDN One Melangka menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS cenderung berlangsung dengan pendekatan teacher-centered di mana guru menjadi pusat pembelajaran dan menjadi satu-satunya sumber informasi serta belum memanfaatkan media pembelajaran. Masalah tersebut berimplikasi terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang diraih siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan audio visual yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk belajar dalam kelompok asal dan ahli meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab dengan mengajarkan materi ahli kepada anggota kelompok lainnya yang membuat siswa aktif sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dan dibantu 2 guru sejawat sebagai observer. Lokasi penelitian di SDN One Melangka Kabupaten Wakatobi dengan subyek penelitian siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri atas 14 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian dilakukan dua siklus dengan tiga kali pertemuan setiap siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data proses dan hasil. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi kegiatan pembelajaran guru lembar observasi aktivitas siswa tes hasil belajar catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan audio visual yaitu (a) kegiatan pembelajaran oleh guru pada siklus I mencapai 80 95% menjadi 91 37% pada siklus II dengan kategori sangat baik (b) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS yang dicapai siswa 73 87% pada siklus I menjadi 81 99% pada siklus II dan (c) meningkatkan hasil belajar IPS dengan nilai ketuntasan klasikal 70 83% pada siklus I dan mencapai 87 50% pada siklus II atau mengalami peningkatan 16 67%. Pencapaian ini membuktikan bahwa hasil belajar IPS siswa tuntas secara klasikal memenuhi standar minimal 80% siswa memperoleh nilai KKM nilai 70. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu agar guru yang akan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat (a) meningkatkan motivasi agar siswa mengikuti proses pembelajaran dengan antusias (b) menguasai langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan baik secara detail (c) mengontrol semua siswa dan membimbing secara merata baik secara individu maupun kelompok utamanya kepada siswa yang kurang sungguh-sungguh menjelaskan materi ahli kepada teman kelompoknya (d) memberi kesempatan dan waktu yang cukup kepada siswa untuk bertanya dengan terus membangkitkan rasa percaya diri siswa (e) memberikan penghargaan kepada kelompok dengan tidak mengabaikan individu (f) lebih banyak melibatkan siswa dalam merangkum materi pelajaran serta (g) mengelola waktu secara efektif dan efisien sehingga langkah-langkah model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan audio visual dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62944

Actions (login required)

View Item View Item