Tangguda, Sartika (2016) Penerapan model pembelajaran tipe group investigation dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Nasional Banau Kota Ternate / Sartika Tangguda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tangguda Sartika 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Nasional Banau Kota Ternate. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPS. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata Kunci Group Investigation pendekatan kontekstual aktivitas hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas VII SMP Nasional Banau ditemukan pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional (teacher centered) sehingga siswa beranggapan bahwa pembelajaran IPS membosankan materi terlalu luas kurang dalam bekerja kelompok malas mengerjakan tugas dari guru. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Solusi untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas tersebut dengan menggunakan model pembelajaran group investigationdengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Proses penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus untuk siklus pertama dilakukan sebanyak lima kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nasional Banau Kota Ternate Provinsi Maluku Utara dengan subyek penelitian 22 siswa kelas VII tahun pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa berupa skor pratindakan siklus 1 dan siklus 2 serta ketuntasan klasikal pada masing-masing siklus. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai pratindakan siklus 1 dan siklus 2. Temuanpenelitianinipadasiklussatumenunjukkanbahwalembarinvestigasisiswabelumdiberikanalurpertanyaansehinggasiswabelumbisaberargumentasidenganobjekinvestigasi yang dimaksud daritemuantersebutpenelitimelanjutkanpadasiklusduadenganperbaikanmemberipanduanpertanyaanpadalembarinvestigasi yang membuatsiswasudahbisaberargumentasitentangobjekinvestigasi yang akandilakukansehinggapembelajaran IPS menjadilebihefektif. Hasil penelitian mulai dari pratindakan siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Nasional Banau. Peningkatan tersebut ditunjukkan pada kenaikan aktivitas yaitu 64 13% pada siklus1 dan 78 08% pada siklus 2 peningkatan tersebut juga ditunjukkan dengan hasil belajar 72 73%pada siklus 1 dan 90 91% pada siklus 2. Dalam penerapan model pembelajaran group investigationpeneliti menyarankan (1) guru selalu mengoptimalkan agar dalam pembelajaran selalu berpusat pada siswa (student centered). (2) perlu memperhatikan kerja kelompok agar maksimal terutama dalam pembagian tugas dan mengoptimalkan waktu secara efektif agar pelaksanaan pembelajaran tercapai sesuai waktu yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62943 |
Actions (login required)
View Item |