Pengembangan suplemen buku ajar tematik berbasis konstruktivis di kelas 1 sekolah dasar / Cholida Fauzia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen buku ajar tematik berbasis konstruktivis di kelas 1 sekolah dasar / Cholida Fauzia

Fauzia, Cholida (2016) Pengembangan suplemen buku ajar tematik berbasis konstruktivis di kelas 1 sekolah dasar / Cholida Fauzia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzia Cholida. 2016. PengembanganSuplemenBuku Ajar TematikBerbasisKonstruktivisKelas 1 SekolahDasar.Tesis.JurusanPendidikanDasar Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. PunajiSetyosari (II) Dr. Sulton M.Pd. Kata kunci Suplemen Konstruktivis Tematik Model Pengembangan Dick Carey Pengembanganstrategipembelajaran metode bahan ajar sertapemanfaatanlingkungansekitarmerupakancaraseorang guru untukberkreasidanberinovasiterhadappelaksanaanpembelajaran yang berlangsung di kelasnya. Bentukpenyesuaianseorang guru terhadapkurikulumbaru memilikibermacam-macamkendala beberapabentukkendalapenyesuaiankurikulumyaitupenilaianmenyeluruh yang harusdipenuhiolehseorang guru pengembanganstrategipembelajaran yang digunakanuntukmengatasikekuranganalokasiwaktu hinggakendala yang berupakonsep material yang terdapat di bukusiswa. Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkansuplemenbukuajar tematikberbasiskonstruktivisyang memenuhikevalidan kepraktisan dankeefektifan. Penelitiandanpengembanganinimenggunakan model pengembangan Dick Carey untukmenghasilkansebuahsuplemenbuku ajar.Pemilihan model pengembangan Dick Carey inidisebabkan dalam model initelahmencakuplangkah-langkahpengembangansuplemensecarakompleks yaitumeliputipengidentifikasiantujuanpembelajaran hinggapadatahapakhirmenyusuntessumatifdansetiaptahapannyaselaludiiringidenganadanyarevisi.Instrumen yang digunakanuntukmendukung model pengembanganiniadalah LembarValidasiAhli LembarPengamatanAktivitas Guru danSiswa TesHasilBelajar sertaAngketRespon Guru danSiswa. Hasilpenelitiandanpengembangandari instrument yang penelitisiapkan yaitutahapvalidasiahli yang terdiridarivalidasiahlimateridanvalidasiahlidesain dari validator ahlimaterisuplemenmemilikiprosentase 70% dan validator ahlidesainsuplemenmemilikiprosentase 78% keduanyamemiliki rata-rata interval kelas rata-rata 74 00 yang berada di kelasCukup Valid dankeefektifanpadanilai rata-rata kelas 81 00 yaitupadakelassangatefektif sertatingkatkepraktisan yang beradadalamnilai rata-rata 76 25 yaituCukuppraktis dapatdigunakan namundenganperbaikankecil.Dari hasil data yang diperolehtersebut penelitidapatmelakukanrevisidanterusmengembangkansuplemen-suplemen lain dalampenelitianberikutnya untukmemberikan yang terbaikbagipembelajaranbermaknayang dialamiolehsiswa. Dari hasil data pengembangansuplemen yang telahpenelititerapkanpadaujikelompokkecildanujilapangan.Penelitimemperolehkesimpulanbahwaaplikasipengembangansuplemenbuku ajar tematikberbasiskonstruktivisdapatmenjawabkebutuhanbelajarsiswa khususnyadengankonseptualmateri yang diambildarikedekatansiswadenganlingkungan sehinggakemudahanmemilikikonsepbaru yang dikonstrukdarikonsep lama dapatdimilikisiswadalampendekatanpembelajaranbermaknabagisiswa. Penelitimenyarankandalampenelitianpengembanganselanjutnya diharapkansuplemen yang dikembangkandapatmemilikikonstribusinyatadalampenilaianautentik yang dilakukan guru padasiswasebagaisalahsatupertimbangandalampenentuankeputusandalamraport.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62941

Actions (login required)

View Item View Item