Peningkatan perkembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan lewati rintanganmu pada kelompok A di TK Al-Hidayah Klampok Kota Blitar / Nova Meiyanasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan perkembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan lewati rintanganmu pada kelompok A di TK Al-Hidayah Klampok Kota Blitar / Nova Meiyanasari

Meiyanasari, Nova (2016) Peningkatan perkembangan fisik motorik anak usia dini melalui permainan lewati rintanganmu pada kelompok A di TK Al-Hidayah Klampok Kota Blitar / Nova Meiyanasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Meiyanasari Nova. 2016. Peningkatan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Lewati Rintanganmu Pada Kelompok A Di TK Al-Hidayah Klampok Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Hadi Mustofa M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si Kata Kunci peningkatan fisik motorik permainan lewati rintanganmu Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Klampok Kota Blitar diketahui bahwa (1) dari hasil pembelajaran fisik motorik menunjukkan dari 21 anak yang mengikuti kegiatan ada 7 anak yang sudah terampil sedangkan 14 anak masih menunjukan keterlambatan dalam kegiatan (2) media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik (3) kegiatan lebih banyak dilakukan didalam kelas seperti menulis mewarnai menggambar lebih menekankan pembelajaran motorik halus anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan perkembangan fisik motorik pada anak melalui permainan lewati rintangamu pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Klampok Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Al-Hidayah Klampok Kota Blitar tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 21 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan permainan lewati rintanganmu dengan sangat baik (100%). Anak juga dapat melaksanakan permainan lewati rintanganmu dengan sangat baik pula (100%). Pelaksanaan permainan lewati rintanganmu dapat meningkat rata-rata kemampuan fisik motorik anak dari tingkat ketuntasan pada pra tindakan yang kurang (33 3%) siklus I pertemuan 1 ( 57 1%) dan pertemuan 2 (71 4%) dengan tingkat ketuntasan kurang pada siklus II pertemuan 1 sangat baik (90 4%) dan pada pertemuan 2 sangat baik (100%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan lewati rintanganmu yang sangat baik oleh guru dan anak dapat meningkatkan rata-rata perkembangan fisik motorik anak dengan sangat baik. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar pendidik dapat menggunakan media permainan lewati rintanganmu dengan inovatif efisien menyenangkan dan menantang dalam kegiatan pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item View Item