Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbasis potensi daerah Kabupaten Majene Provinsi Sulawewsi Bara / M. Arif

Arif, M. (2016) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual berbasis potensi daerah Kabupaten Majene Provinsi Sulawewsi Bara / M. Arif. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arif, M. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Potensi Daerah Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar IPS. Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sudarmiatin, M. Si, (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M. Ed., M. Si Kata kunci: Multimedia Interaktif, Kontekstual, Potensi Daerah, IPS Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh tuntutan terciptanya pembelajaran yang relevan dan bermakna. Pada studi pendahuluan, ditemukan masih kurangnya bahan ajar dan sumber belajar yang memperhatikan karakteristik dan kebutuhan belajar siswa. Hal ini berdampak pada kurangnya motivasi dan minat belajar siswa yang berujung pada rendahnya capaian kompetensi belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang didesain untuk dapat digunakan secara interaktif. Multimedia interaktif ini dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII SMP, untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model pengembangan oleh Borg & Gall (2003), yang meliputi 6 langkah, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) uji coba produk, dan (6) produk akhir. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS SMP kelas VII pada tema potensi dan pemanfaatan sumber daya alam, dan dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Keunggulan multimedia ini yaitu memiliki karakteristik kontekstual. Dari segi desain multimedia ini menggunakan gambar latar dan musik pengiring yang berasal dari daerah setempat. Dari segi materi, multimedia ini mengintegrasi kondisi nyata yang ada di lingkungan sekitar siswa, muatan materi pembelajaran mengangkat potensi dan keunggulan yang dimiliki daerahnya. Mutimedia juga sudah dilengkapi dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang disusun secara lengkap, jelas dan sistematis, sehingga secara kesuluruhan, penggunaan multimedia dapat dioperasikan secara mandiri dalam bentuk interaktif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif melalui uji validasi oleh ahli materi dan ahli desain, juga uji coba produk terhadap subjek coba, yaitu guru IPS dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Majene. Hasil penelitian menunjukkan pada uji validasi oleh ahli materi dan desain, multimedia tergolong valid. Tingkat kepraktisan pada uji coba kelompok kecil dan lapangan mencapai kriteria praktis. Tingkat kemenarikan multimedia pada uji coba kelompok kecil dan lapangan mencapai kriteria menarik. Tingkat keefektifan multimedia dari aktivitas belajar siswa mencapai kriteria aktif dan hasil evaluasi belajar secara klasikal mencapai kriteria tuntas. Hasil respon pada uji coba lapangan dengan kriteria efektif. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada tema potensi dan pemanfaatan SDA layak digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar IPS di kelas VII SMP untuk menciptakan pembelajaran yang relevan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62939

Actions (login required)

View Item View Item