Pelakasanaan pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2103 / Silvy Dwi Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelakasanaan pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2103 / Silvy Dwi Yulianti

Yulianti, Silvy Dwi (2016) Pelakasanaan pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2103 / Silvy Dwi Yulianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianti S.D. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013.Tesis Malang. Program StudiPascasarjana FakultasPendidikan Dasar 2016 Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. Kata Kunci Pendidikan Karakter Kerja Sama Pembelajaran Kurikulum 2013 Penelitianinidilakukan atas dasar fenomena rendahnya perilaku sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia khususnya pada kalangan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran yang terlaksana belum mengintegrasikan kompetensi pengetahuan sikap dan keterampilan secara holistik. Studi pendahuluan yang dilaksanakan di empat SD Kota Malang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teknik observasi. Observasi dilakukan dengan menggunakan indikator karakter kerja sama yang telah diadopsi dari indikator karakter pada Kurikulum 2013. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa karakter kerja sama siswa bervariasi beberapa siswa terlihat memiliki karakter kerja sama tinggi selebihnya memiliki karakter kerja sama rendah. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankarakter kerja sama dalam pembelajaran siswa SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang pada Kurikulum 2013 dilihat dari aspek perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan. Untukmencapaitujuanpenelitiantersebutdigunakanpendekatan penelitiankualitatif dengan jenisnaratif.Pengambilan data penelitianmulai dilaksanakanpadatanggal 18Januari 2016 dan berakhir pada tanggal 30 April 2016 di SD BSS Kota Malang.Data penelitianyang didapatkan berupa data karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa tingkat SD. Teknikpengumpulan data menggunakanobsevasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukandenganmenggunakanteknikanalisisMiles and Huberman yang langkah analisisnya terdiri dari reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkanhasilanalisis data yang telah didapatkan pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran dilakukan di kelas V-B SD BSS Kota Malang. Pelaksanaannya menggunakan Kurikulum 2013 yang dapat dipantau pelaksanaannya melalui perencanaan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan perencanaan yang dapat melatih karakter kerja sama siswa dalam pembelajaran serta memuat pendekatan saintifik sebagai landasan aktivitas siswa yang meliputi mengamati menanya mencoba menalar dan mengkomunikasikan. Evaluasi yang dilaksanakan guru juga dapat melatih karakter kerja sama siswa serta kejujuran siswa melalui penilaian diri sendiri dan penilaian teman sejawat. Selain itu guru juga melakukan penilaian melalui teknik observasi selanjutnya hasil dari ketiga penilaian tersebut dikomparasikan untuk mendapatkan nilai akhir karakter kerja sama siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini disarankan untuk dapat menjadi rujukan bagi guru agar dapat mewujudkan pelaksanaan pembelajaran tematik Kurikulum 2013 yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini juga dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai acuan mengembangkan penelitian selanjutnya yang sejenis berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013 khususnya tentang pendidikan karakter yang menjadi fokus pengembangan pada Kurikulum 2013. Selain itu penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada pembaca mengenai pelaksanaan pendidikankarakterkerjasamadalam pembelajaran siswa sekolahdasarpada Kurikulum 2013 di Kota Malang. Penelitian yang telah dihasilkan dapat menjadi referensi bagi para orang tua maupun praktisi pendidikan untuk dapat memberikan porsi cukup pada kompetensi sikap khususnya kerja sama dalam pembelajaran guna terciptanya generasi yang berkarakter unggul.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62938

Actions (login required)

View Item View Item